Rabu, 18 Oktober 2017

Fosil Hewan Berusia 350 Ribu Tahun Ditemukan Di Turki

id ditemukan fosil hewan berusia 350 ribu tahun, arkeolog turki temukan fosil hewan, harun taskiran, universitas ankara turki
Fosil Hewan Berusia 350 Ribu Tahun Ditemukan Di Turki
Ilustrasi: Salah satu kegiatan penggalian fosil purba (Foto : Net)
...Ini belum terbukti (secara ilmiah), tetapi ini mungkin tulang-belulang gajah, badak, kuda nil. Kami tidak tahu spesiesnya, para pakar akan mencoba menemukan," kata Taskiran...
Antalya, Turki (ANTARA/AA-OANA) - Para arkeolog Turki telah menemukan tulang-belulang hewan yang berusia 350.000 tahun dalam penggalian di Gua Karain, Provinsi Antalya, di bagian selatan Turki.

"Kami menemukan tulang-tulang rusuk, gigi dan kerangka mamalia besar," kata Prof Harun Taskiran, dari Departemen Arkeologi, Universitas Ankara, seperti disiarkan kantor berita Anadolou, Selasa.

"Tahun ini, kami telah menemukan tulang pinggul binatang raksasa, rahang dan gigi. Kami yakin tulang pinggul berukuran 50 cm yang berusia sekira 350.000 tahun," kata Taskiran, kepala ekskavasi di Gua Karain, kepada Anadolu.

"Ini belum terbukti (secara ilmiah), tetapi ini mungkin tulang-belulang gajah, badak, kuda nil. Kami tidak tahu spesiesnya, para pakar akan mencoba menemukan," kata Taskiran, dengan menambahkan bahwa mereka juga menemukan tulang-belulang hewan-hewan lain di kawasan yang sama.

Menurut dia, seperti ekskavasi gua lainnya, tanah yang telah digali dibawa ke fasilitas ekskavasi dengan ember-ember untuk dibersihkan dan kemudian diproses lagi dengan tiga metode pengayakan yang berbeda.

Dia mengatakan tiap penemuan, bahkan sisa-sisa yang paling kecil memberikan "kami akses ke informasi baru tentang masa lampau."

Taskiran menggarisbawahi pentingnya ekskavasi Gua Karain dalam mengungkap sejarah Antalya dan Anatolia.

"Berkat ekskavasi di Gua Karain, kami telah mencatat sejarah Antalya 500.000 tahun sebelumnya. Ada sisa-sisa yang berusia 500.000 tahun di sini," katanya.

Ditambahkan, tulang-belulang Neanderthal manusia pertama telah ditemukan di gua itu. Karena alasan ini, gua itu sungguh penting bagi Turki. (ANTARA)

Editor: Edy Supriyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0081 seconds memory usage: 0.46 MB