Kamis, 19 Oktober 2017

Wenger kritisi nilai transfer Neymar

id Wenger kritisi nilai transfer Neymar, neymar
 Wenger kritisi nilai transfer Neymar
Neymar (joe.co.uk)
PSG sendiri dimiliki secara mayoritas oleh Qatar Sports Investments, perusahaan yang saham mayoritasnya dipunyai oleh Pemerintah Qatar.
       
London, (Antara/Reuters) - Pelatih tim sepak bola Inggris Arsenal Arsene Wenger mengkritisi nilai transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain yang mencapai 222 juta euro atau sekitar Rp3,5 triliun.

Nilai itu dua kali lebih besar dari rekor transfer dunia sebelumnya yang tercatat atas nama Paul Pogba pada tahun 2016 ketika kembali ke Manchester United dari Juventus dengan nilai kontrak 105 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun.

Menurut Wenger, dikutip dari Reuters, Jumat, jumlah uang yang luar biasa tersebut bisa membuat tim-tim Eropa sulit menghormati aturan keadilan keuangan atau financial fair play (FFP) ketika mereka dimiliki oleh "sebuah negara".

PSG sendiri dimiliki secara mayoritas oleh Qatar Sports Investments, perusahaan yang saham mayoritasnya dipunyai oleh Pemerintah Qatar.

"Sekali sebuah negara memiliki klub, semuanya menjadi mungkin. Akan sangat sulit menghormati FFP karena bagi sebuah negara ada berbagai jalan dan cara untuk memiliki seorang pemain yang dianggap bisa mewakili negara itu," kata Wenger.

 Pelatih asal Prancis ini pun mengungkapkan kekhawatiran suatu saat nilai transfer pesepak bola tidak bisa lagi dikendalikan karena harga seorang pemain sudah melampaui hitungan dan akal sehat.

 "Transfer Neymar membuat inflasi seolah meninggi begitu cepat. Transfer melewati angka 100 juta euro tahun 2016 lalu dan kini, setahun setelahnya, nilai itu melewati 200 juta euro," tutur Wenger.

"Ketika anda berpikir adalah sesuatu yang tidak masuk akal ketika Trevor Prancis menjadi pemain pertama dengan harga 1 juta poundsterling pada tahun 1979, itu menunjukkan betapa sudah berubah dan besarnya dunia sepak bola saat ini," kata dia.

Arsene Wenger menegaskan bahwa Arsenal sampai kapan pun tidak akan bisa mengikuti kemampuan transfer klub-klub kaya Eropa. Rekor transfer Arsenal sendiri adalah ketika mendatangkan penyerang Alexandre Lacazette dari Lyon untuk musim baru 2017-2018 dengan nilai 61,6 juta dolar AS atau sekitar Rp800 miliar.

"Kami masih berada di ambang rasionalitas dan kami tidak sendiri," ujar dia.

Arsenal sendiri sebagai juara Piala FA akan memulai debutnya di musim baru dengan menghadapi juara Liga Inggris 2016-2017 Chelsea di Piala Community Shield, Minggu (6/8).

Editor: Triono Subagyo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0077 seconds memory usage: 0.45 MB