Minggu, 22 Oktober 2017

Air-Tanah Pugung Raharjo Bahan Pembuatan Monumen Haornas

id wabup lamtim dan gowes pesona
Air-Tanah Pugung Raharjo Bahan Pembuatan Monumen Haornas
Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menyerahkan tanah dan air dari Taman Purbakala Pugung Raharjo kepada Tim Touring Gowes Pesona Nusantara sekaligus melepas keberangkatan kembali tim ini di Way Jepara Lampung Timur, Jumat (28/7) (FOTO: Humas Pemkab Lampung Timur)
Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Air dan tanah dari Taman Purbakala Pugung Raharjo di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung terpilih untuk disatukan menjadi bagian pembuatan monumen tanah dan air pada Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Gunung Tidar, Magelang Jawa Tengah pada 9 September 2017.

Informasi dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Sabtu, menyebutkan, air dan tanah dari Pugung Raharjo itu sudah diambil untuk dibawa oleh tim yang akan menyatukannya dalam monumen dimaksud.

Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, di Way Jepara, Lampung Timur, Jumat (28/7), telah menyerahkan tanah dan air dari taman purbakala yang bersejarah itu kepada Tim Touring Gowes Pesona Nusantara (TGPN) 2017 untuk dibawa dan disatukan dengan air dan tanah dari berbagai daerah yang disinggahi Tim TGPN 2017.

Sebelumnya, prosesi pengambilan air dan tanah di Taman Purbakala Pugung Raharjo dilakukan oleh Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim pada Kamis (27/7).

"Alasan terpilih karena Taman Purbakala Pugung Raharjo sebagai salah satu tempat wisata dan tempat bersejarah di Lampung Timur," kata Ardy Yuliandy, Kasubbag Humas Pemkab Lampung Timur.

Tim GTPN 2017 adalah duta-duta olahraga yang merupakan atlet sepeda pilihan yang teruji dan telah menempuh jarak ribuan kilometer.

Misi tim ini mengkampanyekan olahraga rekreasi sepeda dan membawa air dan tanah nusantara dari wilayah yang dilewati tim selama touring, untuk disatukan di Kota Magelang, Jawa Tengah dalam suatu bentuk tugu atau monumen di Gunung Tidar.

Gowes Touring Pesona Nusantara 2017 merupakan gerakan kampanye Ayo olahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang, Aceh, untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Perjalanan tim GTPN 2017 dimulai sejak Etape 1 ditempuh sejauh 1.168 km dari Sabang Km 0 sampai Balige Tobasa, dan Jumat ini Tim GTPN 2017 melintasi rute Way Jepara, Lampung Timur menuju Merak, Cilegon (Banten) sejauh 140 km.

(ANTARA)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.008 seconds memory usage: 0.45 MB