Rabu, 18 Oktober 2017

Lampung prioritaskan pembangunan kesehatan

id rumah sakit, dokter, kesehatan, BPJS
Lampung prioritaskan pembangunan kesehatan
Para dokter yang tergabung dalam IDI Lampung di Bandarlampung, Senin, menggelar unjuk rasa yang menolak program pendidikan Dokter Layanan Primer. (ANTARA LAMPUNG/file)
Bandarlampung (Antara Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung memprioritaskan pembangunan kesehatan untuk memenuhi hak masyarakatnya.
            
"Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas kesehatan dan pelayanan umum yang layak. Termasuk pemerintah daerah dapat menyediakan fasilitas dan layanan yang layak," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Lampung, Heri Suliyanto pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Lampung di Bandarlampung, Jumat.
           
Ia juga  menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan merupakan upaya untuk memenuhi salah satu hak dasar rakyat, yaitu hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai amanat  UUD 1945 dan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.
          
Sektor kesehatan, lanjutnya, merupakan salah satu prioritas dan unggulan gubernur dalam penyelenggaraan pembangunan di Provinsi Lampung.
          
"Pentingnya pembangunan kesehatan sejak dalam kandungan, bayi, balita, remaja, usia produktif sampai usia lanjut," ujar Heri.
           
Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Lampung bersama  Pemerintah Pusat  mendukung kabupaten/kota melalui program atau kegiatan ataupun pembiayaan.  
      
Hal tersebut, lanjutnya, tentu juga harus diimbangi dengan progres pembangunan masing-masing daerah.
           
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung   Reihana menyampaikan Rakerda dengan tema "Mewujudkan Lampung Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Gerakan untuk Hidup Sehat (Germas)" diharapkan dapat memberikan sosialisasi dan informasi kebijakan program pembangunan kesehatan serta teridentifikasinya berbagai permasalahan spesifik masing-masing daerah, utamanya yang terkait dengan pelaksanaan PIS-PK, SPM dan Germas.

ANTARA          

 

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0138 seconds memory usage: 0.46 MB