Festival Krakatau Kembali Digelar

id Asbid ekbang, axrham

Festival Krakatau Kembali Digelar

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung Adeham (ANTARA Lampung/lampungprov.go.id)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung kembali menggelar festival budaya masyarakat daerah setempat, Lampung Krakatau Festival (LKF) ke-27 pada 25-27 Agustus 2017.?

"Lampung Krakatau Festival 2017 akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan," kata Asisten Ekbang Setprov Lampung, Adeham, di Bandarlampung, Rabu (26/7).

Rangkaian acara tersebut di antaranya Pesona Sang Bumi Rua Jurai yang akan diisi dengan fashion show, kuliner khas Lampung, pagelaran seni tradisional Lampung dan seni kontemporer, pemutaran film indie, awarding, temu online masyarakat Lampung (GenPI - generasi Pesona Indonesia).

Kemudian, gelaran aneka permainan anak tradisional Lampung dan kontes stand terbaik yang akan diikuti oleh perwakilan dari 15 kabupaten/kota se Lampung, masyarakat umum, blogger dan komunitas.

Selanjutnya agenda tahunan itu juga akan menggelar "Lampung Culture and Tapis Carnival" yang akan menyajikan pawai budaya di Lapangan Saburai dengan peserta dari 15 ?kabupaten/ kota. ?

Lampung Culture and Tapis Carnival di Lapangan Saburai Bandarlampung pelaksanaan pada 27 Agustus 2017.

Dikemas dalam rangkaian parade yang menampilkan kekayaan budaya Lampung dan nusantara, yang melibatkan peserta dari kabupaten/kota , provinsi /kabupaten/kota undangan (Iuar Provinsi Lampung), komunitas, masyarakat umum, investor, fashion desainer, UMKM , dan masyarakat umum.

Adeham mengatakan seperti tahun tahun sebelumnya Tour Krakatau ?2017 akan dimulai dari dermaga BOM Kalianda Lampung selatan.

Namun, sebelum berangkat akan dilaksanakan acara "Upacara Ruwat Laut dan Doa" yang dimeriahkan puluhan perahu hias. Lomba perahu hias dan perahu layar dari Kalianda ke Pulau Sebesi.

Peserta yang terdiri dari kalangan tamu undangan (blogger dan pers) ?Masyarakat umum ini juga akan mengikuti kegiatan snorkling.

Peserta tur bermalam di Pulau Sebesi. Tour Anak Gunung Krakatau keesokan harinya akan di awali dengan sarapan di Pulau Krakatau, kemudian menuju puncak Krakatau.

Adeham mengharapkan pelaksanaan Lampung Krakatau Festival 2017 dapat terlaksana dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut perwakilan ASITA Adi menyampaikan agar pada LKF 2017 harus lebih banyak mengangkat kearifan lokal.

"Kita harus menampilkan kearifan lokal dalam setiap mata acara kegiatan, baik seni budaya maupun kekayaan kuliner. LKF kita harapkan akan mampu menarik wisatawan dan investor datang ke Lampung oleh karena itu kita harus kemas dan sajikan acaranya semenarik mungkin," tambahnya.