Lampung Tengah Komitmen Jadi Daerah Swasembada Daging

id lamteng swasembada daging, bupati mustafa

Bupati Lampung Tengah saat mengunjungi peternak sapi di Kampung Sukajadi (Foto: Humas Pemkab Lampung Tengah)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah komitmen menjadikan daerah tersebut sebagai swasembada daging mengingat potensi untuk peternakan sapi cukup tinggi.

Bupati Lampung Tengah Mustafa dalam keterangan diterima di Bandarlampung, Minggu (23/7), menyatakan bahwa saat ini Lampung Tengah terus berupaya mengembangkan peternakan sapi dalam rangka mewujudkan swasembada daging tersebut.

Bahkan Pemkab Lampung Tengah telah mencanangkan program Kampung Ternak dimana peternak nantinya akan mendapatkan bantuan sapi untuk kemudian dikembangbiakan di masing-masing kampung.

"Kebutuhan daging nasional masih sangat tinggi dan selama ini Lampung Tengah menjadi salah satu penyumbang kebutuhan sapi nasional. Tentunya ini harus kita tingkatkan. Kalau bisa kita surplus daging," kata dia.

Mustafa usai melakukan senam ronda bersama ratusan warga juga mengunjungi beberapa peternak sapi di Kampung Sukajadi.

Yusuf Sukardi, salah satu peternak mengatakan, beternak sapi semakin diminati masyarakat Sukajadi. Ia menernak sapi secara mandiri dan terus berkembang sampai saat ini. Dari sebelumnya hanya dua ekor kini berkembang menjadi 15 ekor.

"Tahun 2016 saya hanya punya dua ekor, sekarang berkembang jadi 15. Sapi saya besarkan, kemudian saya jual lagi untuk dibelikan anakan, lalu saya kembangkan. Dari sini mulai banyak warga yang terinspirasi, akhirnya tiap-tiap rumah beternak sapi," katanya.

Bupati Lampung Tengah usai meninjau peternak sapi juga sempat meresmikan pembangunan jalan lapen di Kampung Sukajadi yang memanfaatkan alokasi dana kampung (ADK). Jalan sepanjang 2,1 kilometer ini dibagi menjadi empat titik, yakni di dusun 1, 2, 3, dan 4.


(ANTARA)
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar