Tentara Afghanistan rebut kembali kabupaten penting

id Afghanistan, perang Taliban

Tentara Afghanistan terlihat di Provinsi Baghlan. (AFP/presstv.ir)

Kabul (Antara/Xinhua-OANA) - Pasukan Afghanistan merebut kembali Kabupaten Nawa di Provinsi Helmand, Afghanistan Selatan, dari petempur Taliban setelah tiga hari operasi militer, kata satu pernyataan Kementerian Pertahanan pada Senin.
        
"Pasukan Pertahanan dan Keamanan Afghanistan merebut kekuasaan atas Kabupaten Nawa pada pagi ini dan gerilyawan Taliban setelah kehilangan banyak anggota telah melarikan diri," kata pernyataan tersebut.
        
Lebih dari 50 gerilyawan garis keras telah tewas, enam cedera dan satu orang lagi ditangkap selama operasi itu, kata pernyataan tersebut, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin malam. Namun, pernyataan itu tidak menyebutkan jumlah korban jiwa di pihak personel keamanan.
        
Tindakan tersebut mengakhiri hampir satu tahun pendudukan Taliban atas kabupaten itu, kata kementerian tersebut. Petempur Taliban, yang menguasai Kabupaten Nawa sekitar setahun lalu, belum mengeluarkan komentar.
        
Provinsi Helmand, yang menjadi tempat penanaman ganja, telah menjadi ajang perlawanan yang meningkat pimpinan Taliban selama beberapa tahun belakangan.
        
Sementara itu, tiga polisi perbatasan Afghanistan, termasuk seorang perempuan polisi, ditembak hingga tewas di sepanjang jalan di Provinsi Herat, Afghanistan Barat, Senin, kata seorang juru bicara pemerintah provinsi.
        
"Penembakan tersebut terjadi di Permukiman Ahmad Abad di luar Kota Herat setelah beberapa pria bersenjata melakukan penyergapan di sepanjang Jalan Herat-Islam Qala pada pagi hari ini," kata Juru Bicara Jilani Farhad kepada Xinhua.

Antara/Xinhua-OANA
Chaidar




Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar