Senam Germas Lampung Raih Rekor MURI

id gubernur dan senam germas, peringatan harganas, saburai

Senam Germas Lampung Raih Rekor MURI

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo (tengah) didampingi Wakil Gubernur Bachtiar Basri, saat menerima plakat MURI di Lapangan GOR Saburai Enggal, Bandarlampung, Jumat (14/7). (FOTO: Humas Provinsi Lampung)

...Mari kita viralkan olahraga bersama ini, membiasakan hidup sehat, melakukan olahraga secara rutin, kata Ridho...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Lampung, kreasi Pemerintah Provinsi Lampung berhasil tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) kategori sosialisasi senam yang diikuti perwakilan dari provinsi terbanyak dengan nomor rekor 7.992.

Dalam kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional ke-24 itu berlangsung di Lapangan Saburai Enggal Bandarlampung, Jumat, MURI mencatat Senam Germas tersebut dengan rekor 5.000 peserta, 996 di antaranya perwakilan 33 provinsi.

Plakat rekor yang ditandatangani Ketua Umum MURI Jaya Suprana itu diserahkan Yusuf Nandri kepada Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo didampingi Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri.

Selain Pemprov Lampung, MURI juga memberikan rekor kepada Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana.

Gubernur Lampung Ridho Ficardo mengajak masyarakat senantiasa hidup sehat.

Melalui momentum kegiatan ini, Gubernur mengajak warga kembali mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan kembali olahraga.

"Mari kita viralkan olahraga bersama ini, membiasakan hidup sehat, melakukan olahraga secara rutin," katanya lagi.

Menurut perwakilan MURI Yusuf Nadri, Senam Germas Lampung sangat bernuasa Lampung. "Ini mampu menjadi inspirasi provinsi lain untuk mengaplikasikan Senam Germas Lampung ini di daerah masing-masing," kata Yusuf Nadri.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan Senam Germas berisikan gerakan aerobik memakai lagu daerah Lampung yang dikombinasikan dengan gerakan tari bedana dengan iringan musik gamolan dan cetik.

Senam Germas merupakan gerakan latihan fisik terprogram sesuai kaidah kesehatan. "Di dalamnya terdapat gerakan aerobik ringan dan sedang, sehingga cocok untuk berbagai jenjang usia," kata Reihana.

Senam tersebut dirancang antara lain untuk meningkatkan keseimbangan, mengoptimalkan tumbuh kembang, menurunkan risiko kematian dini, dan meningkatkan kerja otot jantung.

Menurut Reihana, senam ini terdiri atas gerakan pemanasan 6 menit, gerakan inti 15 menit, pendinginan 5 menit, dan peregangan selama 5 menit.

(ANTARA)