Lampung desak pembebasan lahan tol segera tuntas

id tol, trans sumatera, JTS

Lampung desak pembebasan lahan tol segera tuntas

Tol Trans Sumatera (istimewa)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung mengharapkan pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) khususnya ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang Lampung sepanjang 112 kilometer segera selesai.
           
"Pembebasan lahan Terbanggi Besar-Pematang Panggang, mendesak dilakukan mengingat progres pembangunan JTTS di ruas ini belum secepat di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar," kata  Asisten II Sekdaprov Lampung, Adeham, di Bandarlampung, Rabu.
           
Ia mengatakan  Pemerintah Provinsi Lampung membagi tiga penetapan lokasi (penlok) yang melewati Lampung Tengah, Tulangbawang Barat, Tulangbawang, dan Mesuji. Panjang tiga penlok itu 112,2 km dan ada 716 bidang terverifikasi.
           
Ia menjelaskan, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Tim Percepatan Pembangunan JTTS, mengapresiasi komitmen perusahaan yang telah bersedia melepas lahan untuk pembangunan jalan tol.
           
Adeham mengharapkan tidak ada lagi kendala di lapangan terkait pembebasan lahan tol.
           
"Kami telah melakukan rapat pembahasan masalah lahan dengan terbuka dan transparan. Kami meminta pihak perusahaan ikut mensyosialisasikan kesepakatan ini, agar tidak lagi ada penolakan di lapangan," kata Adeham.
           
Sebelumnya,  digelar pertemuan antara Kantor Staf Presiden (KSP), 10 perusahaan perkebunan, Pemerintah Provinsi Lampung, Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Lampung, dan PT Hutama Karya, sepakat menyelesaikan pembebasan lahan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), selesai akhir Juli 2017.

ANTARA