Selasa, 24 Oktober 2017

Puncak Arus Balik di Bakauheni Terlewati

id arus balik pejalan kaki, arus balik 2017, pelabuhan bakauheni, lampung selatan
 Puncak Arus Balik di Bakauheni Terlewati
Pemudik arus balik pejalan kaki antri memasuki kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (2/7) (FOTO:ANTARA Lampung/Ardiansyah)
...Puncak arus balik itu terjadi pada Sabtu (1/7) hingga Minggu pagi (2/7), dengan kepadatan penumpang terutama pengguna kendaraan pribadi dan bus serta penumpang pejalan kaki...
Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Puncak arus balik Lebaran 2017 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Merak, Banten telah terlampaui dan sebagian besar pemudik diperkirakan suah kembali menyeberang Selat Sunda dari Sumatera.

Puncak arus balik itu terjadi pada Sabtu (1/7) hingga Minggu pagi (2/7), dengan kepadatan penumpang terutama pengguna kendaraan pribadi dan bus serta penumpang pejalan kaki.

Peningkatan arus balik penumpang menuju Pelabuhan Bakauheni itu mulai tampak sejak dari Terminal Induk Rajabasa, Bandarlampung sepanjang Sabtu (1/7) hingga pukul 21.00 WIB.

Penumpang harus berebutan dan berdesakan masuk ke bus yang mengangkut mereka ke Pelabuhan Bakauheni. Petugas layanan terminal bersama aparat kepolisian harus bolak-balik mengingatkan menggunakan pengeras suara agar calon penumpang tidak perlu berebutan masuk bus, mengingat bus tersedia dalam jumlah mencukupi.

Petugas di Terminal Rajabasa juga meminta penumpang wanita dan anakanak didahulukan, dengan menjaga di pintu bus yang akan berangkat ke Bakauheni.

Namun kepadatan arus penumpang di Terminal Rajabasa itu mulai surut sekitar pukul 21.00 WIB hingga lewat tengah malam. Bus yang mangkal bahkan ada yang menolak berangkat karena penumpang tidak penuh.

Kondisi penumpang di Pelabuhan Bakauheni juga relatif lengang pada Sabtu malam hingga Minggu pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Tapi mendekati pukul 09.00 WIB, bersamaan kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama rombongan, arus penumpang di Bakauheni semakin padat.

Sekitar pukul 10.00 WIB, petugas sudah mengoperasikan pula bus dukungan untuk membawa calon penumpang ke dermaga kapal yang akan membawa mereka ke Merak, Banten.

Menurut PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni hingga sepekan usai lebaran hari ini, pemudik yang kembali menyeberang ke Pulau Jawa sudah mencapai 70 persen, dan sisanya diperkirakan berangsur akan kembali secara bertahap selanjutnya.

Penumpang arus balik yang diseberangkan dari Bakauheni ke Merak dari Sabtu pukul 08.00 WIB hingga Minggu pagi telah mencapai 146.583 orang, yaitu penumpang pejalan kaki 24.359 orang dan penumpang dalam kendaraan 122.224 orang. Sedangkan kapal yang beroperasi sebanyak 36 unit, dan penumpang diangkut dalam 139 trip pelayaran. Sedangkan kendaraan yang telah diseberangkan mencapai 33.058 unit, yaitu 606 unit truk, 628 bus penumpang, 14.849 mobil pribadi, dan 16.975 sepeda motor.

Pada Minggu siang, arus penumpang dari Bakauheni ke Merak kembali mulai padat, namun diperkirakan tidak akan melampaui angka puncak arus balik pada Sabtu hingga Minggu pagi tadi.


(ANTARA)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0119 seconds memory usage: 0.46 MB