Pemprov Lampung Usulkan Peningkatan Landasan Bandara Seray

id menhub budi sidak bakau, arus balik 2017, pelabuhan bakauheni, lampung selatan

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi (menggendong anak) berdialog dengan salah satu penumpang kapal saat melakukan kunjungan ke pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Minggu (2/7) (FOTO: ANTARA Lampung/Ardiansyah)

Bakauheni, Lampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan untuk memperpanjang landasan pacu dan memperbanyak fasilitas pendukung Bandar Udara Pekon Serai di Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung agar dapat digunakan pesawat komersial.

Menurut Asisten Bidang Ekubang Setdaprov Lampung Adeham, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Lampung Qudratul Ikhwan saat menyertai kunjungan inspeksi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu pagi, usulan penambahan panjang landasan pacu dan fasilitas pendukung di Bandara Pekon Seray itu disampaikan kepada Menhub.

"Rencananya dari Bakauheni hari ini, pak Menhub akan mengunjungi Bandara Pekon Seray di Pesisir Barat, Lampung," katanya lagi.

Menurut Aeham, kondisi landasan Bandara Pekon Seray itu dinilai belum memadai, sehingga perlu ditambah lagi agar dapat didarati pesawat penumpang komersial dan dioperasikan secara optimal sebagai bandara untuk masyarakat umum.

Adeham menyebutkan, Pemprov Lampung akan mengusulkan penambahan panjang landasan pacu Bandara Pekon Seray itu menjadi sedikitnya 1.600 meter.

Karena itu, katanya lagi, dengan kunjungan Menhub ke bandara itu, diharapkan usulan tersebut dapat disetujui dan segera direalisasikan.

Sebelumnya, Pemprov Lampung juga telah minta agar Kemenhub dapat mengambil alih pengelolaan bandara seluas 50 hektare itu, sedangkan secara administrasi jika ada kekurangan maka pihaknya akan membantu.

Bandara tersebut bakal menjadi pintu masuk bagi wisatawan ke kawasan Pantai Tanjung Setia selama ini dikenal sebagai objek wisata untuk selancar dunia dan banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Pembangunan bandara tersebut juga sudah mendapat bantuan dari Kementerian Perhubungan dengan dana Rp50 miliar.

Bandara Pekon Serai sekarang mempunyai landasan pacu yang sama seperti bandara perintis lainnya, yaitu sepanjang 974 meter dan lebar 23 meter.

Rencananya akan ada penambahan dana dari pemerintah pusat sekitar ratusan miliar rupiah untuk perpanjangan landasan pacu dan lain-lain fasilitas pendukung bandara itu. Bandara tersebut juga resmi berganti nama menjadi Bandara Muhammad Taufiq Kiemas.

Dalam kunjungan inspeksi ke Pelabuhan Bakauheni, Menhub Budi Karya Sumadi sempat berialog dengan sejumlah penumpang kapal, mengecek pelayanan penumpang, tiket kapal, dan melihat posko lebaran serta pengamanan pihak kepolisian, ASDP dan jajaran terkait di Pelabuhan Bakauheni.

(ANTARA)

 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar