Lampung Dapat Gratis 200 Penyeberangan Sepeda Motor

id kadishub prov qodratul ikhwan, arus balik 2017, sepeda motor gratis

 Lampung Dapat Gratis 200 Penyeberangan Sepeda Motor

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Qudratul Ikhwan (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Pemudik akan diberangkatkan dengan menggunakan kapal Jatra III, pada Minggu (2/6), pukul 17.00 WIB, kata Qudratul...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Provinsi Lampung mendapatkan kuota penyeberangan gratis bagi 200 kendaraan roda dua yang kembali menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Panjang, pada arus balik Lebaran 2017.

"Pemudik akan diberangkatkan dengan menggunakan kapal Jatra III, pada Minggu (2/6), pukul 17.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan Qudratul Ikhwan, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, sebelumnya pemudik dengan roda dua harus mendaftarkan diri di Posko Dinas Perhubungan Rajabasa.

Pendaftaran dibuka sejak 29 hingga 30 Juni 2017. Kuota tahun ini untuk Lampung sebanyak 200 kendaraan.

"Jika sudah mencapai angka itu ditutup. Bagi pemudik yang terdaftar langsung sendiri menuju Pelabuhan Panjang pada waktu keberangkatan, " jelasnya.

Di sisi kain, Pemerintah Pusat tahun ini melaksanakan pembangunan Dermaga Eksekutif Bakauheni Lampung dan Merak Banten. Melalui inovasi tersebut diharapkan mempercepat jarak tempuh penyeberangan semula 3 jam menjadi 1 jam.

Selain program tersebut, bagi pemudik yang melalui jalur udara, tahun ini sudah merasakan kemajuan pembangunan Bandara Raden Intan II.

"Pemerintah Provinsi terus berupaya melengkapi fasilitas Bandara Raden Intan II sebagai bandara internasional. Pemudik tahun ini tentu sudah bisa merasakannnya. Selain itu telah dibuka jalur penerbangan ke berbagai kota besar di Indonesia langsung dari Lampung," terang Qudratul Ikhwan.

Terkait dengan pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, sambung Kadishub saat ini untuk ruas Bakauheni Terbanggi Besar telah dibangun main road sepanjang 140, 938 km.

Sedangkan untuk ruas Terbanggi Besar Pematang Panggang main road dibangun sepanjang 112,185 km . Sehingga total ruas jalan mencapai 253,123 km.

"Kita doakan bisa selesai pembangunannya sesuai target Presiden Joko Widodo. Sehingga pada bulan Agustus 2018 bisa digunakan," tambahnya.   (Ant)