Rabu, 18 Oktober 2017

Lampung-Aljazair Sepakat Bentuk Kadin Kembar

id adeham dan rapat aljajair, adeham
Lampung-Aljazair Sepakat Bentuk Kadin Kembar
Asisten Bidang Ekbang Adeham pada Rapat Persiapan kunjungan kerja Gubernur Provinsi Bouira Aljazair Mr Cherifi Mouloud ke Lampung di Ruang Rapat Asisten Bidang Ekbang Setda Provinsi Lampung, Kamis (22/6) (FOTO: Humas Pemprov Lampung)
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Provinsi Lampung segera menjalin kerja sama desentralisasi dengan Pemerintah Provinsi Bouira, Aljazair untuk membentuk kamar dagang dan industri kembar.

"Dijadwalkan pada 10 hingga 14 Juli 2017 akan dilaksanakan kunjungan kerja yang dipimpin Gubernur Provinsi Bouira Aljazair Mr Cherifi Mouloud ke Lampung," kata Asisten Bidang Ekubang Setprov Lampung Adeham, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, rombongan Aljazair akan ke Lampung selama empat hari. Dua hari di antaranya dijadwalkan ke Lampung Timur.?

Rencananya mereka akan mengunjungi Taman Nasional Way Kambas, PT Nusantara Tropical Farm, termasuk ke Pulau Pahawang, PT Nestle, Coca Cola, dan PT Pelindo.

"Sebelumnya sudah ada riwayat kerja sama pengiriman produk berupa kopi robusta dan lada. Semoga ke depan dibuka kembali ruang yang pernah kita jalin kerja sama termasuk bidang lainnya. Untuk itu hari ini akan dibahas draf MoU atau pun LoI," ujarnya lagi.

Rencana kerja sama, lanjutnya, terkait dengan bidang perdagangan, pariwisata, industri tradisional, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga serta pertanian.?

Bidang lain yang akan dijajaki, berupa konstruksi, pembangunan dan perkotaan, pengelolaan kota, lalu lintas transportasi perkotaan dan pengelolaan zona industri.

Selain itu, bidang perdagangan dan ekonomi seperti pameran, ekshibisi, mendorong kegiatan kepemudaan dan olahraga, serta menyiapkan ruang terbuka hijau, taman-taman dan fasilitas umum.

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Taufik Hidayat mengatakan pelaksanaan kerja sama di antara dua provinsi ini juga menjadi kebutuhan nasional dalam rangka mencari pangsa pasar dan investor dari negara lainnya.?

Dia menjelaskan, kerja sama tersebut dibangun setelah kunjungan Bupati Lampung Timur ke Provinsi Bouira pada November 2016 untuk memperkuat kerja sama antarkedua pemerintah daerah.

Selanjutnya ditindaklanjuti dengan kunjungan Dubes RI untuk Aljazair bersama Diplomat Urusan Ekonomi dan Politik ke Provinsi Bouira, pada 28-29 Desember 2016 lalu.?

Kedubes RI untuk Aljazair selanjutnya melayangkan surat nomor: B-00116/ALGER/170523 Mei 2017 perihal Rencana Kerja Sama Kadin Tjikda Provinsi Bouira Aljazair sepakat dengan Kadin Provinsi Lampung untuk membentuk kamar dagang dan industri kembar dan kerja sama desentralisasi antara Pemerintah Provinsi Bouira dengan Provinsi Lampung.***3***



Budisantoso Budiman

(T.A054)





(T.A054/B/B014/B014) 22-06-2017 17:20:02

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0949 seconds memory usage: 0.46 MB