Sembilan Marga Di Lampung Tengah Dukung Mustafa Maju Pilgub

id tokoh penyeimbang adat marga dukung mustafa, sembilan penyeimbang marga dukung mustafa

Sembilan Marga Di Lampung Tengah Dukung Mustafa Maju Pilgub

Para tokoh penyeimbang adat di Lampung Tengah berjalan bersama Bupati Lampung Tengah Mustafa (kedua dari kiri di depan) dalam acara silaturahmi di Gedung Sesat Nuwo Balak, Minggu (18/6) (FOTO : Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Kami akan lakukan pendekatan kekeluargaan. Kami akan kerahkan sanak famili, tata titih, sabai dan seluruh keluarga untuk bisa mendukung beliau menjadi gubernur," katanya...
Lampung Tengah (ANTARA Lampung) - Tokoh penyeimbang adat dari sembilan marga di Lampung Tengah menyatakan dukungannya kepada Bupati Lampung Tengah Mustafa untuk maju dalam pemilihan gubernur Lampung pada 2018.

Dukungan itu disampaikan  acara silaturahmi penyeimbang adat di Gedung Sesat Nuwo Balak, Gunung Sugih, ibukota Lampung Tengah, Minggu (18/6).

Pangeran Raja Asli Buminabung Ilir, Kecamatan Buminabung, Lampung Tengah, menilai melihat kiprah Mustafa selama menjadi Bupati Lampung Tengah, ia layak menjadi gubernur Lampung. Meski baru satu tahun, sejumlah perubahan telah dilakukan Mustafa.

"Kami sangat mendukung jika beliau (Mustafa) mencalonkan diri sebagai gubernur. Bahkan bangga sekali jika memang nantinya beliau bisa memimpin Lampung. Beliau adalah asli putra daerah Lampung Tengah. Tidak ada alasan untuk tidak bangga," katanya.

Para tokoh adat itu mengaku bangga jika nantinya salah satu putera daerah Lampung Tengah bisa menjadi pucuk pimpinan di Lampung.

Di Lampung Tengah ada sembilan marga, yakni marga Unyi, Nunyai, Subing, Beliuk, Nuban, Anak Tuha, Nyerupa, Pubian Telu Suku, dan Selagai. Kesembilan marga ini menjadi salah satu akar budaya di Lampung Tengah yang tetap hidup sampai saat ini.

Pangeran Raja Asli Buminabung Ilir Kecamatan Buminabung,  mengatakan melihat kiprah Mustafa selama menjadi bupati Lampung Tengah, Ia layak menjadi gubernur Lampung. Meski baru satu tahun, sejumlah perubahan telah dilakukan bupati muda ini.

Hal senada disampaikan Minak Suttan Pakal Adat Marga Subing Kampung Terbanggibesar yang menyatakan pihaknya siap menyatukan suara dari seluruh sanak famili penyimbang adat di Marga Subing untuk kemenangan Mustafa dalam Pilgub mendatang.

"Kami akan lakukan pendekatan kekeluargaan. Kami akan kerahkan sanak famili, tata titih, sabai dan seluruh keluarga untuk bisa mendukung beliau menjadi gubernur. Kami optimistis beliau bisa menang," ujarnya.

Sementara itu, Suttan Penyimbang Agung Gunungsugih berharap jika  Mustafa menjadi gubernur agar dapat melestarikan budaya-budaya Lampung secara luas.

"Selama ini perhatian pak Mustafa terhadap adat istiadat Lampung sudah sangat besar. Ke depan dengan peran beliau sebagai gubernur, diharapkan perhatian ini bisa lebih besar juga. Kita nasionalkan budaya Lampung," kata Suttan.

Dengan ketokohan Mustafa yang rendah hati, dekat dengan masyarakat, dan mampu merangkul semua elemen, ia yakin keinginan masyarakat agar gubernur Lampung berasal dari putera daerah Lampung Tengah dapat terwujud.

"Kami optimistis beliau bisa menjadi gubernur. Jika ini terealisasi tentunya kami akan sangat bangga. Saya hanya berharap beliau bisa menjalankan amanah yang diemban," tambahnya. (ANTARA)