Kementrian Perdagangan Klaim Harga Bahan Pokok Stabil

id harga bahan pokok di indonesia stabil, suhanto, staf ahli kementrian perdagangan, pasar murah lampung timur

Kementrian Perdagangan Klaim Harga Bahan Pokok Stabil

Kementrian Perdagangan menggelar pasar sembako murah di dua lokasi di Lampung Timur, Senin (12/6) (Foto : Antaralampung.com/Muklasin)

...Harapan kami masyarakat Indonesia yang umumnya beragama Islam pada Ramadhan ini tidak disibukan lagi dengan kenaikan harga kebutuhan pokok," katanya...
Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Kementerian Perdagangan melalui  Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Suhanto mengklaim harga kebutuhan pokok di semua wilayah Indonesia selama Ramadhan tahun ini stabil.

"Secara nasional ini sangat berbeda pada tahun sebelumnya. Jika dulu sering terjadi lonjakan harga, tapi Alhamdulillah menjelang Ramadhan tahun ini semua harga komoditas pangan stabil dan malah ada komoditas yang turun harganya," kata Suhanto.

Usai membuka pasar sembako murah di Pondok Pesantren Al Ikhlas Desa Karyamukti, Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur, Senin, Suhanto menyatakan stabilnya harga bahan pokok ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak antara pemerintah dan pihak pengusaha nasional untuk bersama-sama saling menjaga stabilitas harga.

"Harapan kami masyarakat Indonesia yang umumnya beragama Islam pada Ramadhan ini tidak disibukan lagi dengan kenaikan harga kebutuhan pokok," katanya.

Ia menyatakan jika di daerah terdapat kenaikan harga bahan pokok yang dijual di atas harga eceran tertinggi (HET), Kemendag melalui satuan tugas pangan akan melakukan intervensi pasar untuk menstabilkan harga.

"Kita ada satgas pangan, satgas pangan akan turun jika terjadi lonjakan harga. Tim yang dikoordinir Kemendag akan turun ke lapangan dan bersama Bulog menyuplai komoditas yang kurang, pemerintah punya Bulog sebagai alat pemerintah untuk menstabilkan harga," ujar dia.

Kementerian Perdagangan bersama PT Sungai Budi Grup wilayah Lampung menggelar pasar sembako murah di dua lokasi di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Lokasi pertama yang menjadi titik pasar sembako murah adalah  Ponpes Al Ikhsan Desa Karyamukti Kecamatan Sekampung dan titik lokasi kedua adalah Pondok Pesantren Bahril Wahdah Desa Negerijumanten, Kecamatan Margatiga.

Sebanyak 2.000 paket sembako murah dijual di dua titik lokasi pasar murah ini. Paket sembako murah itu terdiri atas dua 2 minyak goreng, 2 kilogram beras, 2 kilogram gula pasir, 2 kilogram tepung terigu dan 1 botol sirup.

Satu paket sembako murah ini dijual Rp50 ribu, sementara jika di pasaran satu paketnya dijual Rp100 ribu. (ANTARA)