Panglima : TNI punya peran lestarikan hutan

id TNI, kebakaran hutan

Panglima : TNI punya peran lestarikan hutan

Anak harimau bernama Mulli berlari menunju hutan usai dilepasliarkan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Tambling Pesisir Barat, Lampung, Sabtu (10/6) (FOTO ANTARA Lampung/Agus Wira Sukarta)

Tambling (Antara Lampung) - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, TNI mempunyai peran untuk melestarikan hutan, terutama daerah konservasi.
        
"TNI mempunyai kepentingan untuk melestarikan hutan, baik flora maupun faunanya," kata Gatot, yang didampingi sejumlah pejabat TNI, di Tambling, Pesisir Barat, Sabtu.
        
Selain itu, lanjutnya, kawasan hutan seperti kawasan hutan konservasi juga sangat cocok untuk latihan pasukan khusus.
        
Menurutnya, kawasan tersebut bukan hanya untuk dijadikan latihan pasukan, tetapi juga lebih mengenal flora dan fauna di dalamnnya, yang bukan untuk dibunuh
   
Terkait kondisi hutan konservasi di Tanah Air saat ini, ia menyayangkan banyak yang rusak atau erosi dibandingkan konservasinya.
        
Karena itu, lanjutnya, apabila menginginkan hutan itu abadi serahkan kepada TNI untuk menjaga dan melestarikannya karena memiliki tanggungjawab untuk menjaganya.
        
"Kepentingan TNI yakni hutan harus lestari karena jika terjadi perang hutan itu merupakan keunggulan kita," ujarnya.
        
Sebelumnya, Panglima TNI Gatot Nurmantyo melepasliarkan sejumlah hewan langka seperti harimau sumatera, penyu, elang dan sejumlah burung di kawasan Tambling, Pesisir Barat, Lampung.
        
Panglima TNI didampingi pengusaha nasional yang juga pendiri Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) Tommy Winata dan sejumlah pejabat TNI seperti Danjen Kopassus, Wadan Marinir, Asop, dan Asintel.

ANTARA