Lamteng dapat opini WTP setelah empat tahun

id wtp lamteng

Lamteng dapat opini WTP setelah empat tahun

Bupati Lamteng Mustafa menerima dokumen WTP. (ANTARA Lampung/Dok.Humas Lamteng)

Empat tahun sebelumnya laporan keuangan Lampung Tengah dinyatakan wajar dengan pengecualian (WDP). Alhamdulillah satu tahun saya menjabat predikatnya naik menjadi WTP.
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Tahun 2016 setelah empat tahun tak memperoleh penghargaan itu.

Bupati Lampung Tengah Mustafa dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Selasa menuturkan penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa laporan keuangan Kabupaten Lampung Tengah sudah baik dan akuntabel.

"Penghargaan WTP juga sebagai apresiasi dari Badan Pemeriksaan Keuangan atas kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah," kata dia.

Menurut Mustafa penghargaan diberikan karena Pemkab Lampung Tengah berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntasi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

"Empat tahun sebelumnya laporan keuangan Lampung Tengah dinyatakan wajar dengan pengecualian (WDP). Alhamdulillah satu tahun saya menjabat predikatnya naik menjadi WTP. Penghargaan ini saya dedikasikan untuk semua jajaran saya yang telah berjuang keras," ungkapnya.

Dia menjelaskan, penghargaan WTP juga menepis opini publik di Kabupaten Lampung Tengah selama ini yang meragukan kinerja keuangan di kabupaten berjuluk "Bumi Jejamo Wawai" ini.

"Insya Allah penghargaan ini akan terus kami pertahankan, bahkan kami tingkatkan. Kedepan akan kita kembangkan sistem E-Budgeting, dimana semua pelaporan keuangan berbasis elektronik sehingga memudahkan masyarakat yang ingin mengaksesnya," kata dia.

Opini WTP juga diraih oleh lima daerah lainnya di Lampung, yakni Kabupaten Lampung Selatan, Kota Bandarlampung, Pesawaran, Lampung Barat dan Kota Metro.

Pada penyerahan WTP tersebut Senin (5/6) Pimpinan Anggota V BPK RI Isma Yatun mengatakan, bahwa opini WTP ini diberikan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2016, yang merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran atas laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria.

Dia berharap penghargaan WTP yang diberikan kepada sejumlah kepala daerah di Lampung dapat diikuti dengan peningkatan kinerja masing-masing kepala daerah.

"Penghargaan WTP merupakan indikator pelaporan administratif yang telah baik, wajar dan akuntabel. Kami harap penghargaan ini diimbangi dengan kinerja dan pembuktian bahwa penghargaan tersebut memang layak kita raih," kata dia.*