Dovizioso Menang di Kandang Sendiri untuk Ducati

id dovisioso menang gp italia

Andrea Dovizioso (kanan) melengkapi kemenangan pembalap Italia di kandanganya setelah di kelas Moto3 dan Moto2 juga dimenangkan pembalap lokal (Fendi screen capture Fox Sports )

Roma  (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Andrea Dovizioso melalui rasa mual prabalapan untuk memenangi Grand Prix Italia untuk Ducati pada Minggu, sedangkan pebalap Spanyol Maverick Vinales finis di peringkat kedua dengan Yamahanya untuk memperbesar keunggulannya di puncak klasemen MotoGP menjadi 26 angka.

 Dovizioso menjadi pemenang keempat yang berbeda dalam enam balapan dan naik ke posisi kedua di klasemen sementara, mengungguli kompatriotnya yang berusia 38 tahun Valentino Rossi, yang finis di posisi keempat untuk Yamaha.

Pebalap Italia Danilo Petrucci finis di posisi ketiga, di mana ia membela tim Ducati non pabrikan sehingga terdapat dua orang Italia di podium Sirkuit Mugello.

"Banyak emosi sepanjang dan sebelum balapan, energi saya tidak begitu bagus," kata Dovizioso, yang memiliki banyak penggemar di antara mayoritas penonton yang mendukung Rossi. "Saya benar-benar menginginkan kemenangan ini dan ini merupakan impian yang menjadi kenyataan bagi semua pebalap Italia." Kemenangan ini merupakan yang ketiga sepanjang kariernya dan yang pertama di kategori teratas oleh pebalap Italia dengan mengendarai sepeda motor Italia di kandang sendiri sejak Gianfranco Bonera memenangi kelas 500cc dengan mengendarai MV Agusta di Imola pada 1974.

Ini juga merupakan kemenangan perdana Ducati di Mugello, sejak pebalap Australia Casey Stoner pada 2009.

Vinales kini memiliki 105 angka berbanding 79 angka milik Dovizioso, sedangkan Rossi -- yang menghabiskan satu malam di rumah sakot pada pekan lalu setelah mengalami kecelakaan saat berlatih menggunakan sepeda motor motocross -- memiliki 75 angka.

"Saya tidak menginginkan banyak resiko karena saya melihat Valentino dan Marc begitu jauh, maka saya memutuskan untuk bertahan setidaknya di posisi kedua," kata Vinales, yang tangannya masih merasa sakit akibat terjatuh pada Jumat.

"Dovi begitu kuat hari ini. Sulit untuk dikejar dan sepanjang waktu, ia benar-benar menekan saya." Juara bertahan Honda Marc Marquez finis di urutan keenam dan menghuni posisi keempat di klasemen dengan 68 angka, namun rekan setimnya Dani Pedrosa gagal finis setelah bertubrukan dengan pebalap Britania Cal Crutchlow.

Dovizioso menderita sakit perut sebelum balapan dan tertinggal saat start ketika Rossi memimpin, sebelum pebalap Ducati Jorge Lorenzo sempat memimpin dan kemudian ganti Vinales yang menghuni posisi terdepan.

Dengan empat pebalap teratas bersaing ketat, Vinales terlihat menuju kemenangan keempat di musim ini sampai Dovizioso menyalipnya pada putaran ke-14 dan menjauh.

Mengheningkan cipta selama 69 detik dilakukan sebelum balapan untuk mengenang juara 2006 Nicky Hayden, pebalap AS yang mengenakan nomor start 69 dan meninggal dunia bulan lalu setelah tertabrak mobil saat berlatih menggunakan sepeda di timur Italia.


Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar