Turki tewaskan 29 prajurit Kurdi

id Perang Irak dan Suriah, Kurdi, Turki

Anggota Partai Pekerja Kurdi di Makhmour (FOTO : Joey Lawrence/independent.co.uk)

Diyarbakir, Turki (Antara/Reuters) - Pasukan keamanan Turki menewaskan 29 anggota Partai Buruh Kurdi (PKK) dalam sebuah operasi militer di area pegunungan Provinsi Agri dan Van, demikian keterangan kantor gubernur Agri pada Jumat.
         
Sebelumnya pada Kamis, militer Turki mengatakan bahwa tiga tentara dan satu anggota milisi pejaga desa yang dibiayai negara telah terbunuh dalam operasi militer yang sama. Aksi tersebut terjadi di area pegunungan Tendurek di sepanjang batas Provinsi Agri dan Van, yang juga dekat dengan perbatasan Iran.
         
Gencatan senjata antara pemerintah Turki dan PKK berakhir dengan kegagalan sejak Juli 2015 lalu. Sejak saat itu, wilayah tenggara Turki terus bergolak dalam gelombang kekerasan terbesar sejak PKK memulai pemberontakan pada 1984 lalu.
         
Lebih dari 40.000 orang, sebagian besar di antaranya merupakan anggota komunitas minoritas Kurdi, telah tewas dalam konflik yang sama. PKK sendiri merupakan organisasi yang masuk dalam daftar hitam terorisme oleh Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Penerjemah : GM.N.Lintang/M. Anthoni 
Antara/Reuters
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar