Minggu, 22 Oktober 2017

Pemprov Lampung Dorong Penyaluran Dana KUR

id sekdaprov sutono dan normalisasi sungai, sutono, sekdaprov lampung
Pemprov Lampung Dorong Penyaluran Dana KUR
Sekda Provinsi Lampung Sutono (FOTO: ANTARA Lampung/Kominfo Provinsi Lampung)
...KUR merupakan program yang termasuk dalam kelompok program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil, ujar Sutono...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung berupaya meningkatkan perekonomian dan mendorong optimalisasi penyerapan penyaluran dana kredit usaha rakyat di daerah setempat.

"Hal ini mengacu pada Surat Edaran Mendagri Nomor 581/6871/SJ tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR)," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono, di Bandarlampung, Senin (15/5).

Ia menyebutkan, KUR merupakan program yang termasuk dalam kelompok program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil.

Menurutnya, KUR bertujuan untuk mengakselerasi pengembangan kegiatan perekonomian di sektor ril dalam rangka penanggulangan dan pengentasan kemiskinan serta perluasan kesempatan kerja.

Sutono menjelaskan, Pemerintah Provinsi Lampung sudah membentuk dan akan mengoptimalkan tim monitoring dan evaluasi KUR. Tim ini beranggotakan instansi dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, termasuk bank pelaksana dan perusahaan penjamin.

"Pemprov Lampung meminta kepada Bank Pelaksana KUR dan lembaga/perusahaan penjamin agar dapat memanfaatkan Dana CSR untuk melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada calon debitur. Sehingga menjadi bankable dan dapat mengakses dana KUR," katanya pula.

Ia mengatakan bahwa bersama dengan tim teknis terkait diharapkan juga dapat memfasilitasi pembinaan usaha khususnya kepada debitur yang telah memanfaatkan KUR. Hal itu agar tujuan pembinaan menuju kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dan untuk kelancaran pengembalian kredit agar tidak terjadi tunggakan kredit oleh para debitur.

"Saya berharap penyerapan penyaluran KUR di Provinsi Lampung bisa optimal," ujar dia.

Kepala Kantor OJK Provinsi Lampung Untung Nugroho menyampaikan per Desember 2016, Provinsi Lampung masuk dalam 10 besar nasional untuk provinsi dengan penyaluran KUR terbesar yaitu berada pada urutan ke-9 dengan jumlah KUR yang disalurkan sebesar Rp2,19 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 127.038 debitur.

"Khusus untuk Sumatera penyaluran KUR di Provinsi Lampung berada pada urutan ke-2 setelah Provinsi Sumatera Selatan," katanya lagi. (Ant)
 

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0091 seconds memory usage: 0.45 MB