Australia akan tambah pasukan ke Afghanistan ?

id Australia, Afghanistan, Perang Afghanistan dan Pakistan

Australia akan tambah pasukan ke Afghanistan ?

Australia sedang mempertimbangkan permintaan NATO untuk menambah pengiriman pasukan ke Afghanistan (AAP/sbs.com.au)

Sydney (Antara/Reuters) - Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull pada Jumat mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan permintaan NATO untuk menambah pengiriman pasukan ke Afghanistan.
        
Dia menyampaikan hal tersebut sehubungan dengan pertimbangan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang akan menambah pengiriman pasukan lagi dalam misi yang dipimpin NATO.
        
Turnbull tidak menyebut secara terperinci permintaan dari pihak militer NATO yang diterima dalam kunjungan Turnbull di Afganistan akhir bulan lalu, meskipun ia mengatakan "terbuka" pada media.
        
"Kita tentu saja terbuka untuk bertugas di sana, tetapi harus melihat komitmen Pasukan Pertahanan Australia di tempat-tempat lain di dunia," kata Turnbull kepada wartawan di Sydney.
        
"Ini pending bahwa kita melanjutkan - bersama-sama dengan sekutu dalam usaha di Afghanistan, melanjutkan tugas berama-sama," katanya.
        
Australia saat ini menugaskan hampir 300 pasukan di Afghanistan serta memberi pelatihan bagi pasukan Afghanistan.  
   
Petugas intelijen AS pada Kamis mengatakan bahwa keamanan di Afghanistan baca memburuk apabila pasukan keamanan dari AS dan sekutu pimpinan NATO tidak ditingkatkan.
         
Pasukan Afghanistan yang telah dilatih oleh sekutu NATO masih lemah dalam mengendalikan Afghanistan yang menghadapi konflik 16 tahun dengan Taliban.
        
Pada Februari, Jenderal John Nicholson dari AS yang menjadi komandan pasukan asing di Afghanistan mengatakan dalam dengar pendapat di kongres bahwa dia membutuhkan tambahan beberapa ribu pasukan internasional untuk mengunci Taliban.
        
Reuters melaporkan pada April bahwa pemerintahan Trump mengkaji masalah Taliban dan akan mengirim antara 3.000-5.000 orang lagi untuk bergabung pada pasukan di Afghanistan.
        
AS dan sekutu-sekutu NATO selanjutnya mengajukan tambahan pasukan yang semarang berjumlah 13.450 orang termasuk 6.900 tentara AS yang menjadi pelatih dan penasehat angkatan bersenjata Afghanistan.

 Penerjemah : M. Dian A/M. Anthoni

ANTARA/Reuters