Penangkaran Badak Sumatera Way Kambas Boleh Dikunjungi

id Penangkaran Badak Sumatera di Way Kambas, Penangkaran Badak Sumatera, Badak Sumatera, Way Kambas, TNWK

Ir Subakir, Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Lampung Timur. (FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Pusat Penangkaran dan Pengembangbiakan badak sumatera atau Suaka Rhino Sumatera di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung dibuka untuk umum.

Pengunjung dibolehkan datang untuk melihat secara langsung satwa langka di dunia badak sumatra bercula dua yang ada di dalam pusat penangkaran badak dalam hutan TNWK ini.

"Boleh, mulai sekarang boleh dikunjungi," kata Ir Subakir, Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) pada perayaan satu tahun kelahiran badak sumatera Delilah di Suaka Rhino Sumatra ( SRS) Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur, Jumat (12/5).

Tapi, Subakir melanjutkan, jumlah pengunjung ke SRS Way Kambas itu masih dibatasi. "Kami batasi, sementara maksimal 10 atau 15 orang," katanya lagi.

Menurut Subakir, pembatasan pengunjung itu perlu diatur untuk menjaga perkembangbiakan badak sumatera ini agar tidak terganggu.

"Nanti akan diatur oleh penjaga badaknya berapa orang yang masuk dan diatur jaraknya bisa dekat dengan badak," katanya pula.

Khusus perayaan satu tahun kelahiran badak Delilah, pihak TNWK mengizinkan 40-an orang dari Yayasan Badak Indonesia (YABI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sejumlah siswa dan jurnalis untuk melihat dari dekat badak sumatra bercula dua "Delilah" dan induknya "Ratu" di kandang alaminya.

Subakir menyebutkan terdapat tujuh ekor badak sumatera dalam penangkaran di SRS Way Kambas yang masih bertahan hidup, dua lainnya telah mati.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar