Lampung Favorit Dikunjugi Wisatawan Jakarta

id pengunjung pulau pahawang, pulau pahawang, obyek wisata lampung, teluk kilauan, tanjung setia

Lampung Favorit Dikunjugi Wisatawan Jakarta

Bersnorkeling-ria di Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran, Lampung, menikmati pesona bawah laut yang menakjubkan. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Provinsi Lampung dalam dua tahun terakhir menjadi daerah favorit dikunjungi oleh wisatawan asal Jakarta dan sekitarnya.

"Wisatawan asal asal Jakarta, terutama anak-anak muda mulai melirik Lampung sejak dua tahun terakhir. Tujuan favoritnya Krakatau, Teluk Kiluan, Taman Nasional Way Kanan, Pahawang, dan Tanjung Setia. Lampung selalu membuat anak-anak muda kembali, karena banyak tempat-tempat wisata baru," kata Edi M. Yamin, pendiri `Backpaper` Jakarta, melalui rilis yang diterima di Bandarlampung, Senin (8/5).

Ia mengatakan bahwa Lampung merupakan lima besar daerah tujuan wisatawan asal Jakarta dalam dua tahun terakhir. Wisatawan Jakarta melirik Lampung karena dekat, mudah diakses, dan aman.

Menurutnya, komunitas backpaper Jakarta yang menghimpun 2.700 anggota aktif, paling tidak lima kali sebulan membawa rombongan ke Lampung. Tingginya minat wisatawan ke Lampung, karena membaiknya citra Lampung di bidang keamanan dan masih alami.

Naiknya posisi Lampung di peta pariwisata, mirip kisah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang semula cuma perlintasan menuju Bali, tapi kini menjadi daerah tujuan utama wisatawan.

"Lampung jangan hanya daerah perlintasan, tapi harus mampu seperti Banyuwangi. Jika tren kenaikan wisatawan terus meningkat, bukan tidak mungkin Lampung membayangi Bali," katanya.

Praktisi pariwisata Hermawan mengatakan bahwa Lampung bisa berbuat banyak di sektor pariwisata, dengan memanfaatkan keragaman suku, terutama warga Bali yang terbanyak di luar Provinsi Bali.

Oleh karena itu, Hermawan meminta Gubernur Lampung M Ridho Ficardo tidak hanya membungkus Lampung dengan slogan `The Treasure of Sumatera` tapi mencari moto lain, agar posisi Lampung tidak hanya daerah perlintasan.

Ia memberikan slogan pariwisata baru Lampung yakni `Sumatera Start From Lampung` dan `The Gateway of Sumatera`.

"Lampung harus menjual kedekatannya dengan Jakarta. Ini persis seperti Banyuwangi yang dekat dengan Bali. Oleh karena itu, Lampung harus mengembangkan `leasure tourisme` dan mulai membidik wisatawan massal," kata Hermawan.

Ia menambahkan, Lampung tak cukup hanya mengandalkan keindahan alam jika ingin menjadi destinasi unggulan. Keunggulan Lampung yang dekat dengan Jakarta, harus ditunjang akses, amenity, dan atraksi.

"Perekonomian Lampung bisa terdongkrak lewat pariwisata. Modalnya tak besar, tapi dampaknya luar biasa. Banyak daerah yang ekonominya naik karena pariwasata padahal jauh dari Jakarta," jelas Hermawan.(Ant)