Rabu, 18 Oktober 2017

Wagub: Persediaan Bahan Pokok di Lampung Cukup

id wagub rakor sembako, bachtiar basri, kapolda lampung sudjarno
Wagub: Persediaan Bahan Pokok di Lampung Cukup
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dan Kapolda Lampung saat video conference terkait pembahasan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan dan komoditas lainnya menjelang puasa dan lebaran di Ruang Vicon Kapolda Lampung, di Bandarlampung, Rabu (3/5) .(FOTO: ANTARA Lampung/ist)
...Stok bahan pokok di Provinsi Lampung sejauh ini mencukupi menghadapi bulan puasa ini, kata Bachtiar...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menyampaikan ketersediaan bahan pokok di daerah setempat menjelang bulan Ramadhan 1438 Hijriah mencukupi.

"Stok bahan pokok di Provinsi Lampung sejauh ini mencukupi menghadapi bulan puasa ini. Hal itu berdasarkan hasil pengecekan stok bahan pokok di sejumlah pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern di Lampung," kata Bachtiar Basri pada video conference terkait pembahasan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan dan komoditas lainnya menjelang puasa dan lebaran di Ruang Vicon Kapolda Lampung, di Bandarlampung, Rabu (3/5) .

Ia menyebutkan, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota juga telah menyiapkan 42 titik pasar murah untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga.

Menurutnya, hingga sekarang stok bahan pokok di Provinsi Lampung tidak ada masalah. Selain itu Pemerintah Provinsi Lampung juga telah menyiapkan pasar murah yang disediakan di 42 titik yang tersebar di seluruh kabupaten/kota dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok.

"Jika terjadi lonjakan harga, maka kami menindaklanjuti segera ditindaklanjuti," ujar Bachtiar.

Kapolda Lampung Sudjarno mengatakan pihaknya juga akan membentuk satgas ketahanan pangan yang bekerjasama dengan dinas terkait guna memantau pergerakan sembako dan bahan bakar minyak di Provinsi Lampung.

"Sehingga bisa segera ditindak jika terjadi penyimpangan, adanya kartel-kartel yang bermain maupun penimbunan, penyimpangan harga dan lainnya", tambah Sudjarno.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, permintaan masyarakat akan kebutuhan pokok meningkat. Untuk itu perlunya dilakukan koordinasi dalam menjaga kestabilan harga dan menjaga rantai distribusi.

"Berdasarkan perintah Presiden, beberapa komoditas penting perlu dijaga agar tidak ada kenaikan harga, sehingga umat Islam dapat menikmati bulan Ramadhan tanpa adanya kenaikan. Untuk itu kita perlu bekerjasama dengan semua pihak dan bertindak tegas secara bersama, Insyaallah masalah seperti ini akan cepat selesai," ujarnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan masalah pangan menjadi bagian dalam menjaga kestabilan daerah dan nasional. Untuk itu dibutuhkan peran pemerintah daerah guna menjaga kestabilan.

Pihaknya juga meminta Gubernur untuk menginstruksikan kepada bupati dan jajarannya dalam menjaga kestabilan ini mengikutsertakan peran kepolisian. Untuk itu perlunya konektivitas dan sinergitas dari semua pihak.

"Saya cukup optimis karena sampai saat ini semua pihak telah berkoordinasi untuk menjaga kestabilan dalam menyambut Idul Fitri," kata Mendagri menambahkan. (Ant)
 

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0081 seconds memory usage: 0.46 MB