Turki bom posisi Kurdi, 50 tewas

id Perang Irak dan Suriah, Turki, Kurdi

Kendaraan lapi baja Turki di perbatasan dengan Suriah (Reuters/rferl.org)

Damaskus (Antara/Xinhua-OANA) - Sedikitnya 50 orang Kurdi tewas pada Selasa (25/4) akibat serangan udara dan pemboman Turki  terhadap posisi suku Kurdi di kedua wilayah perbatasan Suriah-Irak, kata satu kelompok pemantau.
        
Serangan rudal Turki ditujukan ke pusat media bagi pasukan Kurdi dan satu stasiun radio di pinggir timur-jauh Provinsi Hasakah di bagian timur-laut Suriah di dekat perbatasan Irak, dan menewaskan 22 orang Kurdi.
        
Di wilayah Irak di perbatasan, pesawat tempur Turki menyerang Daerah Sinjar, dan menewaskan 28 orang, kata Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia.
        
Kelompok pengamat yang berpusat di Inggris tersebut menyatakan jumlah korban jiwa bisa bertambah sebab ada sebanyak 26 orang lagi cedera dan hilang, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi.
        
Permusuhan Turki terhadap suku Kurdi sejak dulu terlihat jelas, dan Ankara berulangkali menyatakan Turki takkan membiarkan banyak orang Kurdi berada di Suriah Utara, di dekat  perbatasan Turki.
        
Sementara itu, AS menyatakan Washington prihatin dengan serangan Turki, sebab serangan tersebut tidak dikoordinasikan dengan koalisi anti-teror pimpinan AS.
        
AS telah tampil sebagai pendukung utama petempur Kurdi di Suriah Utara, dan mendukung kelompok itu dalam perang mereka di Kota Raqqa, Ibu Kota de Fakto IS di Suriah.
        
Observatorium Suriah mengatakan lima orang tewas pada Selasa akibat serangan yang diduga telah dilancarkan oleh koalisi pimpinan AS.
        
Menurut laporan lokal, Kementerian Luar Negeri Suriah dijadwalkan mengeluarkan pernyataan pengutukan berkaitan dengan serangan Turki terhadap Suku Kurdi.


Antara/Xinhua-OANA



Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar