BI Lampung Kembali Gelar "Flash"

id arief hartawan dan stabiltas harga, kepala kantor perwakilan, bank indonesia, provinsi lampung, arief hartawan

BI Lampung Kembali Gelar "Flash"

Kepala Perwaklan Bank Indonesia Provinsi Lampung Arief Hartawan (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Lampung mulai menggeliat. Karena itu, kami akan kembali menggelar Festival Lampung Syariah pada awal Mei 2017, kata Arief...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung kembali menggelar Festival Lampung Syariah ("Flash") untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air.

"Ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Lampung mulai menggeliat. Karena itu, kami akan kembali menggelar Festival Lampung Syariah pada awal Mei 2017," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Arief Hartawan, dalam audiensi dengan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, di Bandarlampung, Selasa (25/4).

Ia menyebutkan, acara Flash rencananya digelar pada 8 hingga 17 Mei 2017 di Mal Boemi Kedaton Bandarlampung. Acara tersebut digelar dalam upaya menciptakan kesepahaman bersama antara regulator, pelaku usaha maupun masyarakat terkait ekonomi dan keuangan syariah.

Ekonomi syariah saat ini, lanjutnya, merupakan bagian penting dalam tatanan perekonomian nasional. Masyarakat juga semakin mengenal berbagai produk dan jasa halal, serta manfaatnya. Karena itu, dengan digelar acara ini diharapkan akan mengembangkan perekonomian syariah secara efektif dan optimal.

Arief mengatakan, kegiatan Flash akan memunculkan beragam usulan atau saran dari masyarakat untuk mengembangkan perekonomian.

Selain itu, tak kalah penting Flash juga diharapkan mampu menguatkan semangat bersama untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Lampung.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan terjadi kesamaan pemahaman baik dari regulator, masyarakat maupun pelaku usaha bahwa ekonomi syariah merupakan bagian penting dalam tatanan perekonomian nasional.

Dia menambahkan, dari sisi Bank Indonesia diharapkan adanya masukan dari masyarakat untuk mengembangkan ekonomi syariah secara efektif dan optimal, dan yang lebih penting lagi adalah menguat semangat bersama untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Lampung

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menyambut baik diselenggarakan acara Flash tersebut, mengingat pemerintah saat ini sedang giat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Lampung.

"Penduduk Lampung mayoritas adalah muslim. Tentu produk makanan dan lainnya yang dikonsumsi setiap hari harus terkontrol dan mendapat predikat halal dari MUI. Hal ini merupakan potensi peluang bagi tumbuh ekonomi syariah di Provinsi Lampung," ujar Bachtiar.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, sehingga penyelenggaraan acara ini dapat berjalan sukses dan lancar.

Acara tersebut juga turut didukung oleh MUI Provinsi Lampung serta sejumlah perguruan tinggi di Lampung.

Selain itu, juga akan menghadirkan pembicara Ustad Yusuf Mansyur dan Lula Kamal, serta ada rangkaian kegiatan pasar rakyat syariah dan expo produk halal, talkshow, kontes seni budaya Islam (marawis), `stand up comedy`, lomba cerdas cermat SMA/sederajat, dan donor darah.

Sebelumnya, Perwakilan BI Lampung telah menggelar "Flash" pada 17 November hingga 22 November 2016.  (Ant)