Pemprov Lampung Dorong Peningkatan Layanan Samsat

id sekda sutono dan rakor samsat

Pemprov Lampung Dorong Peningkatan Layanan Samsat

Sekretaris daerah Provinsi Lampung Sutono (tengah) saat mempimpin Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat di Swiss-Bell Hotel, Selasa (18/4) (Foto: Humas Pemprov lampung)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung meningkatkan koordinasi dengan jajaran kepolisian dan PT Jasa Raharja dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah dengan mendorong peningkatan pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

"Pemerintah Provinsi Lampung akan meningkatkan pelayanan Samsat di kabupaten menjadi Samsat penuh seperti di Kabupaten Mesuji dan Pesawaran," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono di Bandarlampung, Rabu (19/4).

Ia mengharapkan adanya komitmen bersama antara jajaran Pemerintah Provinsi Lampung, Polda Lampung, PT Jasa Raharja, Bank Lampung serta pemangku kepentingan lainnya dalam mendukung rencana program Gubernur Lampung tersebut dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah melalui terobosan dan perbaikan pelayanan Samsat.

Apalagi, lanjutnya, saat ini pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung adalah terbaik di Pulau Sumatera, dan diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Selain itu, menurutnya, dapat pula dilakukan sinkronisasi penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotot serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan oleh jajaran Pemerintah Provinsi Lampung dengan kepolisian dan PT Jasa Raharja.

Terkait dengan peningkatan pendapatan dari pajak, ia menjelaskan harus ada komitmen bersama dengan menandatangani pakta integritas seluruh instansi pada semua tingkatan, menambah jam pelayanan, menambah loket pelayanan, perlu juga membangun sistem dalam jaringan yang terintegrasi untuk mengurangi pungutan liar dan tindakan korupsi.

Sutono menambahkan perlu juga dilakukan perbaikan sistem IT yang digunakan, singkronisasi data yang diolah dari sistem yang dimiliki kepolisian, Samsat, maupun Bank Lampung sehingga pelayanan akan semakin cepat.  (Ant)