Rabu, 18 Oktober 2017

Pemprov Lampung Diminta Tingkatkan Kinerja Birokrasi

id Asisten Bidang Adimistrasi Umum, Setprov Lampung, Hamartoni Ahadis
Pemprov Lampung Diminta Tingkatkan Kinerja Birokrasi
Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Lampung Hamartoni Ahadist (FOTO: ANTARA Lampung/ist)
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung diminta untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi dengan menggelar acara bimbingan teknis penyusunan laporan kinerja dan "desk" evaluasi laporan kinerja.

"Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menargetkan pada 2019 setiap jajaran Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota memiliki Performance Based Bureaucracy (Birokrasi Berbasis Kinerja)," kata Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan dan Evaluasi Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II Kemenpan RB Nadimah di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan pada 2019, Menpan RB menargetkan setiap jajaran pemerintah baik di pusat maupun di daerah mampu memiliki birokrasi berbasis kinerja.

Menurutnya hal tersebut dapat dicapai dengan memfokuskan pada upaya untuk mewujudkan hasil serta menerapkan manajemen kinerja yang didukung dengan penerapan sistem berbasis elektronik serta setiap individu pegawai memiliki kontribusi yang jelas terhadap kinerja organisasinya serta efektif, efisiensi dan ekonomis.

"Untuk itu, jajaran pemerintah perlu menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang baik untuk peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran," ujarnya.

Ia menjelaskan menerapkan SAKIP di area akuntabilitas, akan meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi. Selain itu akan berpengaruh terhadap area lain seperti pelayanan publik, mental aparatur, organisasi, tata laksana, peraturan perundang-undangan, sumber daya manusia aparatur dan pengawasan.

"Perbaikan tidak akan terwujud apabila tidak ada komitmen yang kuat dari pimpinan dan jajaran di bawahnya. Sehingga ke depan kegiatan serupa dapat diselenggarkan secara mandiri oleh jajaran pemerintah provinsi dan Kemenpan RB yang akan mensuportnya," jelasnya.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Lampung Hamartoni Ahadis berharap aparatur dapat meningkatkan laporan kinerja jajaran Pemerintah Provinsi Lampung ke depan serta mampu membuat laporan kinerja yang lebih transparan dan akuntabel.

"Tentunya peningkatan kinerja ini juga harus didukung oleh peningkatan kinerja jajaran pemerintah kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung," tambahnya.

Hamartoni juga berharap Menpan RB terus mendukung jajaran Pemerintah Provinsi Lampung dalam meningkatkan pembuatan laporan dengan baik. Sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja yang lebih baik dari tahun sebelumnya.  (Ant)


Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0077 seconds memory usage: 0.46 MB