KONI Waykanan Harapkan DPRD Bahas Perda Olahraga

id ketua koni wayka deni

 KONI Waykanan Harapkan DPRD Bahas Perda Olahraga

Ketua Koni Kabupaten Waykanan Deni Ribowo (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Saya berharap kiranya Waykanan memiliki Perda tentang olahraga sehingga menjadi sebuah regulasi yang mengatur olahraga, katanya...
Waykanan  (ANTARA Lampung) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung berharap DPRD setempat dapat membahas peraturan daerah (perda) tentang olahraga sehingga akan ada pegangan hukum untuk meningkatkan keolahragaan.

Ketua KONI Waykanan Deni Ribowo, di Waykanan, Jumat mengharapkan Dewan agar memasukkan agenda inisiatif perda tentang olahraga.

"Saya berharap kiranya Waykanan memiliki Perda tentang olahraga sehingga menjadi sebuah regulasi yang mengatur olahraga," katanya.

Deni melanjutkan, semenjak terpilih pada bulan Desember 2016 lalu, salah satu tekadnya adalah agar Waykanan memiliki regulasi yang mengatur tentang olahraga berupa Perda dan Perbup.

"Regulasi yang berupa Perda tentang olahraga tersebut sungguh menjadi sebuah kebutuhan mengingat banyaknya potensi kekayaan sumber daya manusia dan atlet yang ada di Kabupaten Waykanan. Termasuk juga regulasi tersebut akan mengatur acuan guna terbangunnya sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Waykanan. Apalagi selama ini insan olahraga dan masarakat Waykanan memimpikan adanya fasilitas olahraga seperti stadion dan GOR," kata dia.

Deni menambahkan, yang jelas Perda tentang olahraga tersebut sangat dibutuhkan terutama bagi atlet-atlet yang ada di Waykanan.

KONI Waykanan, menurutnya telah melakukan pembicaraan kepada ketua badan legislasi DPRD Kabupaten Waykanan agar kiranya dapat mengajukan hak inisiatif untuk pembuatan Perda tentang olahraga.

"Dan alhamdulillah teman-teman di legislatif memiliki semangat yang sama dengan kami sehingga salah satu hak inisiatif Perda yang mereka ajukan adalah Perda tentang olahraga. Secara resmi KONI akan sampaikan surat permohonan kepada DPRD Waykanan tentang hal tersebut. Adanya Perda tentang olahraga di Waykanan sangat mendesak untuk direalisasikan sebagai kebutuhan payung hukum dalam hal keolahragaan," kata Deni.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Lampung M Ridho Ficardo pada pelantikan Pengurus KONI Waykanan periode 2016-2020 mengharapkan Pemerintah Kabupaten Waykanan mendukung pendanaan dalam pembinaan olahraga di kabupaten tersebut.

"Olahraga memerlukan dana yang cukup besar baik dalam hal pembinaan maupun fasilitas infrastrukturnya," kata Ridho yang juga Gubernur Lampung itu dalam sambutan yang dibacakan Wakil Ketua KONI Lampung Hannibal.

Tentunya, lanjut dia, tidak mungkin akan dibiayai semua oleh pemerintah tetapi mengajak para pengusaha swasta untuk dapat berpartisipasi dalam pengembangan olahraga di daerah.

Selain itu, Ridho juga mengharapkan Ketua KONI Waykanan harus dapat memprioritaskan cabang olahraga yang ditetapkan sebagai ikon daerah.

Sementara itu, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengatakan pelantikan pengurus KONI merupakan awal dari sebuah perjuangan, diharapkan KONI dapat membawa Kabupaten Waykanan maju dan berdaya saing dalam bidang olahraga.

"Olahraga juga merupakan salah satu cara mengharumkan nama baik Waykanan," kata dia.

Adipati juga mengharapkan kepada Pengurus KONI Waykanan yang baru, dapat fokus pada cabang olahraga berprestasi.

"Kita harus fokus mendorong cabang olahraga yang sudah jelas prestasinya karena akan lebih maksimal hasilnya," kata dia.   (Ant)