Bupati Dorong Seputihraman Lokasi Wisata Religi-tani

id bupati mustafa dan wisata religi

Bupati Dorong Seputihraman Lokasi Wisata Religi-tani

Bupati Lampung Tengah Mustafa saat memberikan sambutan pada acara wisata religius dan wisata tani di Kecamatan Seputihraman, Sabtu, (18/3) (foto:Humas Pemkab Lampung Tengah)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Tengah Mustafa mendorong pembentukan wisata religius dan wisata tani di Kecamatan Seputihraman guna meningkatkan perekonomian daerah setempat.

Seputihraman memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kecamatan-kecamatan di Lampung Tengah, kata bupati dalam keterangan pers yang diterima di Bandarlampung, Sabtu.

Salah satunya keberagaman agama yang begitu kental, semua agama ada di sini. Tentunya ini menjadi potensi yang perlu dikembangkan, karenanya mendukung pencanangan wisata religius di Seputihraman, katanya.

Mengenai potensi pertanian, Mustafa menambahkan, hal ini cocok dengan demografi masyarakat Lampung Tengah yang sebagian besar adalah petani. Dengan mengangkat pertanian sebagi objek wisata, diharapkan semakin menguatkan sektor pertanian di Lampung Tengah.

"Sebanyak 70 persen masyarakat kita adalah petani. Saya rasa konsep wisata tani sangat cocok jika diterapkan di Lampung Tengah, khususnya Seputihraman. Mudah-mudahan konsep ini bisa memperkuat sektor pertanian kita, bisa lebih maju dan petaninya sejahtera," kata dia.

Sementara itu Camat Seputihraman I Nyoman Gunadi mengatakan keberagaman agama di Seputihraman menjadi daya tarik tersendiri yang dapat dikembangkan sebagai wisata religi.

"Di sini kental dengan agama Hindu, begitu juga dengan Islam dan kristiani. Kami bisa hidup berdampingan dengan baik. Ini adalah potensi yang perlu dikembangkan," jelas Nyoman.

Sementara untuk wisata tani, Nyoman menjelaskan setiap kepala keluarga wajib membudidayakan 25 jenis tanaman mulai dari sayuran, bumbu dan obat-obatan. Nantinya masyarakat luar yang berkunjung ke Seputihraman akan disambut dengan tanaman, sayuran, agroponik dan lainnya.

"Mereka nantinya akan didampingi para penyuluh, kelompok tani dan tenaga-tenaga yang memang ahli di bidang pertanian. Dengan wisata tani mudah-mudahan potensi pertanian di Seputihraman terdongkrak dan kesejahteraan masyarakat meningkat," kata dia.(Ant)