PLN: 2019 Rasio Elektrifikasi Lampung 100 Persen

id kantor pln lampung

PLN: 2019 Rasio Elektrifikasi Lampung 100 Persen

Ilustrasi Kantor PLN Distribusi Lampung (ist)

...Saat ini rasio elektrifikasi di Lampung baru mencapai 86 persen, kata Hendri...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - PT PLN menargetkan pada tahun 2019 rasio elektrifikasi Provinsi Lampung mencapai 100 persen atau tingkat aliran listrik akan merata di seluruh wilayah Lampung hingga ke tingkat desa terpencil.

"Saat ini rasio elektrifikasi di Lampung baru mencapai 86 persen," kata Hendri AH, Deputi Manajer Hukum dan Humas PT PLN Distribusi Lampung di Bandarlampung, Rabu.

Menurutnya, untuk mendukung target itu, PLN membangun satu unit pembangkit listrik tenaga panas bumi di Ulubelu, Kabupaten Tanggamus.

"Saat ini masih ada 98 desa di Lampung yang belum teraliri listrik, mengingat rasio elektrifikasi baru mencapai 86 persen," katanya.

Kekurangan pembangkit listrik lokal menjadi salah satu penyebab PT PLN belum mampu membuat daya listrik mengalir merata ke seluruh wilayah provinsi ini.

Saat ini setidaknya 98 desa di Lampung belum teraliri listrik, yaitu desa-desa yang tersebar di Kabupaten Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.

Dia menyatakan pengurangan jumlah desa yang tidak dialiri listrik dilakukan bertahap mulai 2017. Dalam jangka pendek PLN Distribusi Lampung akan membeli listrik dari swasta untuk disalurkan ke sejumlah desa yang belum dipasang jaringan listrik oleh PT PLN.

Upaya untuk mencapai target elektrifikasi 100 persen pada 2019, PLN membangun satu unit pembangkit listrik tenaga panas bumi di Ulubelu, Kabupaten Tanggamus yang mampu menambah daya listrik 55 megawatt untuk menjawab kebutuhan daya listrik dari pelanggan.

PLN Lampung mengandalkan enam unit pembangkit yang tersebar di Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Barat.

Saat ini jumlah pelanggan listrik PLN di Lampung mencapai 1,8 juta rumah tangga, 40 persen di antaranya merupakan pengguna prabayar dan berdomisili di wilayah perkotaan dan ibu kota kabupaten.

PLN menargetkan saat rasio elektrifikasi mencapai 100 persen pada 2019, jumlah pelanggan bisa mencapai 2 juta rumah tangga.  (Ant)