Bupati Lampung Tengah Resmikan Los Wisata Kuliner

id mustafa, lampung tengah, kuliner

Bupati Lampung Tengah Resmikan Los Wisata Kuliner

Bupati Lampung Tengah Mustafa mengunjungi los kuliner. (ANTARA Lampung/Dok.Humas Lamteng)

Sentra ekonomi harus kita bangun. Pasar-pasar, kuliner, perdagangan harus kita tingkatkan sehingga perputaran ekonomi masyarakat bergerak cepat.
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Tengah Mustafa, Jumat, meresmikan 58 los wisata kuliner di Kecamatan Kalirejo untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta daya tarik kecamatan tersebut lebih luas lagi.

Selain wisata kuliner, Mustafa juga meresmikan ruang terbuka hijau (RTH) di kecamatan tersebut. Sebagai salah satu kecamatan paling aman di Lampung Tengah, Kalirejo digadang-gadang menjadi salah satu sentra perekonomian.

Sebanyak 58 los disiapkan khusus untuk para pedagang yang nantinya diharapkan bisa menjadi sentra kuliner di Kecamatan Kalirejo. Nantinya makanan dan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) warga sekitar bisa digenjot dengan keberadaan wisata kuliner tersebut.

"Sentra ekonomi harus kita bangun. Pasar-pasar, kuliner, perdagangan harus kita tingkatkan sehingga perputaran ekonomi masyarakat bergerak cepat. Dengan adanya sentra kuliner dan RTH di Kalirejo, mudah-mudahan mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat, sehingga tercipta kemandirian ekonomi," kata dia.

Keberadaan sentra kuliner dan RTH, kata bupati, juga diharapkan bisa menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar. Aspek hiburan juga penting dikembangkan untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan mental warga.

"Sektor wisata di Lampung Tengah perlu digenjot lebih maksimal. Jika kita tidak punya laut, kita bisa menciptakan potensi wisata lainnya yang bisa menjadi daya tarik masyarakat," ujar Mustafa.

Kadis Perdagangan Lampung Tengah Rusmadi menjelaskan, pembangunan 58 los diperuntukan khusus warga Kalirejo. Pengelolaan diserahkan pada kecamatan dengan sistem hak guna pakai sementara.

"Keberadaan 58 los ini bertujuan agar pedagang lebih tertata dan rapi. Para UKM atau warga yang ingin berjualan, kesempatan dibuka lebar. Mulai dari makanan, jajanan khas oleh-oleh, maupun hasil UMKM lainnya yang menjadi unggulan di Kalirejo. Dengan ini mudah-mudahan perekonomian masyarakat tumbuh lebih baik," kata dia.

Warga Kalirejo, Wiwid mengaku berterima kasih dengan adanya los tersebut sehingga bisa lebih menggerakkan roda perekonomian di daerahnya.

"Saya pedagang berharap dapat pinjaman los tersebut, tetapi jika tidak pun saya tak kecewa dan mendukung apa pun keputusan pihak pemerintah," kata dia. *