Pemkab Waykanan akan Relokasi RSUD

id kepala dinas kesehatan, way kanan, farida aryani

Pemkab Waykanan akan Relokasi RSUD

Kepala Dinas Kesehatan Waykanan Farida Aryani (FOTO: ANTARA Lampung/Emir FS)

...Gedung lama nanti digunakan untuk rumah sakit pendidikan, yang pasti tidak dibiarkan begitu saja terbengkalai, katanya...
Waykanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung akan merelokasi Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagar Alam (ZAPA) ke tempat baru karena kontur tanah kurang mendukung lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki.

 Kepala Dinas Kesehatan Waykanan Farida Aryani di Blambangan Umpu, Waykanan, Rabu mengatakan rencana tersebut sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan.

"Gedung lama nanti digunakan untuk rumah sakit pendidikan, yang pasti tidak dibiarkan begitu saja terbengkalai," kata dia.

Ia menjelaskan kontur tanah tempat dibangunnya rumah sakit saat ini tidak datar dan menurun sehingga kurang memperlancar arus lalu lintas kendaraan maupun pejalan kaki.

Terkait pelayanan, Farida menjelaskan, pada 2016 tingkat kepercayaan masyarakat terhadap realisasi program kesehatan di kabupaten itu diakui masih relatif rendah dengan ketersediaan fasilitas yang sedikit tertinggal dibandingkan sejumlah kabupaten kota lainnya di Provinsi Lampung.

"Karena kita harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan, dengan merelokasikan Rumah Sakit Zainal Aidin Pagar Alam ini ke tempat yang baru di depan Gedung RRI Waykanan juga untuk dapat membuat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan bisa meningkat," kata dia.

Relokasikan rumah sakit yang lama ke yang baru melalui dana APBN ini direncanakan tahun 2018 untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarat, katanya.

Setelah dilakukan relokasi rumah sakit, Pemkab akan menambah tenaga medis seperti dokter spesialis melalui bekerja sama dengan Universitas Sriwijaya.  (Ant)