Darmajaya Tawarkan Beasiswa Pertukaran Dosen-Staf Keluar Negeri

id Pertukaran Dosen Darmajaya, Program Pertukaran Dosen Darmajaya, IBI Darmajaya, Darmajaya Lampung

Darmajaya Tawarkan Beasiswa Pertukaran Dosen-Staf Keluar Negeri

Rektor Darmajaya Ir H Firmansyah Y Alfian MBA MSc saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Beasiswa Program Staff and Lecture Exchange 2017, beberapa waktu lalu. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya membuka kesempatan bagi dosen dan staf untuk mengikuti program pertukaran ke Tiongkok, Vietnam, dan Malaysia.

IBI Darmajaya menawarkan program beasiswa pertukaran dosen ke Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok, sedangkan untuk staf ke Duy Tan University Vietnam, Taylor University Malaysia, Universiti Teknikal Melaka Malaysia, dan Universiti Kebangsaan Malaysia, kata Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) Darmajaya Rahmalia Syahputri, di Bandarlampung, Rabu.

Menurutnya, pendaftaran untuk itu mulai dibuka sejak 12 sampai dengan 30 Januari 2017.

Rahmalia menjelaskan, sosialisasi skema staf dan lecture exchange 2017 telah dilakukan pada 18 Januari lalu. Program ini terbuka bagi seluruh dosen tetap dan karyawan di lingkungan IBI Darmajaya.

Ia menyatakan, program tersebut rencananya dilaksanakan selama 1-2 minggu pada Maret 2017. Lama masa magang ditentukan berdasarkan usulan program kerja yang diajukan.

"Program pertukaran ini bertujuan meningkatkan keterampilan kerja, critical thinking, kemampuan berkomunikasi, kemampuan berbahasa asing, menambah jejaring akademik, dan memperluas wawasan internasional," ujarnya lagi.

Dosen Fakultas Ilmu Komputer itu menambahkan, bagi dosen juga diharapkan menambah wawasan perkuliahan di perguruan tinggi untuk diterapkan dengan baik di kelas maupun laboratorium, sebagai pijakan Darmajaya dalam mengembangkan kelas internasional dan kurikulum.

Selain itu, juga menambah wawasan penelitian di luar negeri yang lebih terbuka, sehingga dapat menambah ragam penelitian di Darmajaya.

Rahmalia mengungkapkan, sebelum keberangkatan, peserta akan mendapat pembekalan meliputi pembekalan mengajar menggunakan bahasa asing, English for academic dan negosiasi.

Dia menambahkan, tahun lalu program pertukaran dosen telah diikuti oleh Anggi Andriyadi dari Jurusan Sistem Informasi, dan Nurfiana dari Jurusan Sistem Komputer ke Rajamangala University Technology Krungthep (RMUTK), Thailand.

Rektor IBI Darmajaya Ir H Firmansyah Y Alfian MBA MSc menuturkan, program beasiswa pertukaran dosen dan staf keluar negeri merupakan salah satu bentuk komitmen yang dilakukan Darmajaya untuk meningkatkan kualitas SDM di lingkungan kampus ini.

"Saya berharap program pertukaran dosen bisa diikuti oleh masing-masing perwakilan dari 5 jurusan di Darmajaya baik dari Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ekonomi Bisnis, sehingga dosen bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan rekan di jurusannya. Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang diperoleh mahasiswa dari para dosen yang mumpuni dan profesional," katanya pula.