Bupati Lampung Utara Serahkan Sejumlah Bantuan Ke Desa Cahaya Negeri

id agung ilmu mangkunegara, bupati lampung utara, serahkan bantuan ke desa cahaya negeri

Bupati Lampung Utara Serahkan Sejumlah Bantuan Ke Desa Cahaya Negeri

Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara menterahkan bantuan kepada warga Desa Cahaya Negeri saat berkunjung ke desa tersebut, Rabu (11/1) (Foto: Humas Pemkab Lampung Utara)

...Jaga selalu silaturahmi, persatuan dan kesatuan agar kebersamaan ini selalu terjaga," kata Agung...
Kotabumi, Lampung Utara (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara menyerahkan sejumlah bantuan bibit tanaman dan peralatan sekolah kepada warga Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat.

Bantuan tersebut diserahkan saat Bupati melakukan kunjungan sekaligus silaturahmi dengan masyarakat Desa Cahaya Negeri, Rabu (11/1). Bantuan yang diserahkan antara lain berupa makanan tambahan ibu hamil, sarana olahraga untuk Karang Taruna, 50 batang bibit pohon nangka mini, benih jagung, bibit kacang tanah dan 20 paket alat tulis lengkap untuk sekolah.

Agung menjelaskan bahwa Lampung Utara sudah mengalami banyak perubahan dan sudah menjadi salah satu percontohan bagi kabupaten lain di Provinsi Lampung, perubahan tersebut sudah sangat dirasakan oleh masyarakat Lampung Utara, khususnya Kecamatan Abung Barat.

Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kinerja aparatur pemerintah, pelayanan di bidang kesehatan dan pendidikan, serta pembangunan dan perbaikan infrastruktur.

Namun demikian, pembangunan masih membutuhkan banyak proses serta dukungan dari masyarakat Abung Barat, ujarnya.

Terkait masih adanya pungutan pada program pemerintah yang dinyatakan gratis, kata Bupati,  itu semua terjadi karena kurang dan lemahnya pengawasan pada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat menghambat terlaksananya program pemerintah.
 
Ia menjelaskan, pembangunan tidak hany pada fisik semata, tapi juga pembangunan sumber daya manusia melalui bidang keagamaan dengan memberikan kesempatan kepada non muslim untuk menjalankan perjalanan rohani seperti ke Yerusallam, India, dan Thailand.

Sedangkan bagi umat muslim melaksanakan ibadah umroh dan pengajian akbar, peringatan hari-hari besar Islam untuk lebih mempertebal ilmu keagamaan.

Ketika menanggapi permintaan salah satu tokoh masyarakat Desa Cahaya Negeri terkait pelestarian budaya Lampung, Bupati menjelaskan, Pemkab Lampung Utara akan memberikan bantuan perangkat Kulintang untuk Desa Cahaya.

Agung Ilmu Mangkunegara mengharapkan komponen masyarakat untuk selalu menjaga hasil-hasil pembangunan dan menjaga situasi dan kondisi yang kondusif di Lampung Utara. "Jaga selalu silaturahmi, persatuan dan kesatuan agar kebersamaan ini selalu terjaga."

Sebelumnya, Camat Abung Barat, Iman Sampurna melaporkan bahwa Kecamatan Abung Barat sudah mengalami banyak perubahan, khususnya di bidang keagamaan seperti dibangunnya sejumlah masjid, pelayanan kesehatan gratis, peningkatan dan pemeliharaan infrastruktur, bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE), serta kemajuan di bidang pendidikan dan pertanian.

Sejumlah program pemerintah daerah sangat membantu kesejahteraan masyarakat kecamatan setempat, karena itu ia mengajak warganya untuk terus mendukung program-program pemerintah dengan cara menjaga dan merawatnya.

Salah satu tokoh masyarakat desa setempati, Herdansyah mengatakan Desa Cahaya Negeri merupakan desa tertua yang ada di Kecamatan Abung Barat dan salah satu desa yang sangat menjunjung tinggi nilai kesenian daerah Kulintang.

Tetapi pelestarian kesenian tersebut terkendala oleh minim dan rusaknya beberapa peralatan musik Kulintang, terutama gong, katanya. (Ant/BS)