Balai TNWK Jalin Silaturahmi Kenalkan Keanekaragaman Hayati

id Fun Bike DJKN di Way Kambas, Fun Bike di Way Kambas, Balai TNWK, Fun Bike Way Kambas, Way Kambas Lampung

Balai TNWK Jalin Silaturahmi Kenalkan Keanekaragaman Hayati

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu Wilayah Lampung-Bengkulu menggelar DJKN Fun Bike bertema Gowes For All, di Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur, Lampung, Sabtu (7/1). (7/1).(FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Subakir, Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Minggu, mengatakan pihaknya terus menjalin silaturahmi sambil mengenalkan kekayaan alam dan keanekaragaman hatati di hutan TNWK.

Menurut Subakir, dalam rangka silaturahmi dan pengenalan kekayaan hayati TNWK itu, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Wilayah Lampung-Bengkulu menggelar DJKN Fun Bike dengan tema Gowes For All di TNWK, Sabtu (7/1).

Dia menyebutkan peserta fun bike itu sebanyak 50 orang, antara lain kepala wilayah DJKN bersama staf, wakil kepala Kanwil BRI bersama staf, kepala BRI Metro dan staf, kepala BRI Pringsewu dan staf, kepala BRI Kotabumi dan staf, BRI Telukbetung, dan BRI Tulangbawang.

"Kegiatan fun bike ini berjalan penuh dengan suasana kekeluargaan di antara peserta dan pengelola TNWK," kata Subakir lagi.

Menurutnya, dalam rangkaian kegiatan itu peserta berolahraga sambil bersepeda start dari pintu gerbang tiket masuk TNWK di Plang Ijo menuju kawasan Suaka Rhino Sumatera (SRS), dengan jarak yang ditempuh sekitar 10 kilometer dan waktu tempuh 1 jam.

Peserta saat berada di kantor SRS, mendengarkan paparan pihak TNWK terkait potensi kawasan dan program ekowisata di TNWK untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP), dilanjutkan dengan sambutan kepala Kanwil DJKN Wilayah Lampung-Bengkulu.

Pihak DJKN menyambut baik program kerja sama yang sudah terjalin antara TNWK dan BRI. Program tersebut dinilai selaras dengan program pemerintah dalam peningkatan devisa negara sehingga untuk ditindaklanjuti.

Sedangkan pihak Kanwil Bank BRI Lampung-Bengkulu menyatakan telah terjalin kerja sama dalam membantu konservasi di TNWK, di antaranya pembuatan bak air minum untuk gajah jinak di Pusat Konservasi Gajah (PKG) dan menara pengintai di Way Kambas itu.

Selanjutnya peserta fun bike menuju ke kandang badak Harapan, dan sebelumnya telah mendapatkan penjelasan dari Manager SRS Sumadi perihal sejarah dibangun SRS, aktivitas yang dilakukan, dan program yang dihasilkan.

Setelah melihat badak sumatera bercula dua itu, peserta fun bike melanjutkan perjalanan ke destinasi unggulan TNWK, yaitu Pusat Konservasi Gajah TNWK, diawali dengan melihat Rumah Sakit Gajah Rubini Atmawidjaja, dan pengalungan bunga oleh gajah untuk 3 orang yaitu Kakanwil DJKN, Wakil Kakanwil BRI, dan Kepala KPKNL Metro.

Akhir kegiatan tersebut, peserta disuguhkan dengan kepintaran dan kelucuan gajah di PKG dengan atraksi di lokasi arena gajah.

Menurut Kepala Balai TNWK Subakir, kegiatan itu selain berolahraga, juga untuk memperkenalkan wisata alam yang ada di TNWK sekaligus peserta mendapatkan informasi dan melihat langsung konservasi alam di TNWK.