Minggu, 22 Oktober 2017

Kata Ahok, Gus Joy pendukung salah satu cagub-cawagub

id gus joy, ahok, penistaan agama
 Kata Ahok, Gus Joy pendukung salah satu cagub-cawagub
Terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama memberikan keterangan usai menjalani sidang di Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (3/1). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pd/)
Saksi Gus Joy kemudian diketahui sebagai Koordinator Koalisi Advokat Rakyat yang mendukung pasangan tersebut.
  
Jakarta, (ANTARA Lampung) - Terdakwa perkara penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan saksi pelapor yang didatangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yaitu Gus Joy Setiawan merupakan salah satu pendukung cagub-cawagub DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Gus Joy menyatakan mendukung salah satu pasangan calon tetapi dia nyatakan bisa objektif dalam persidangan. Saya merasa dirugikan," kata Ahok seusai sidang beragendakan pemeriksaan saksi pelapor di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa malam.

Ia juga mempermasalahkan Gus Joy yang melaporkan dirinya ke Bareskrim Polri padahal sebelumnya telah mendeklarasikan diri mendukung salah satu pasangan calon.

Sebelumnya dalam persidangan, tim kuasa hukum Ahok menyatakan bahwa sesuai dengan video dari Youtube yang dipublikasikan pada 30 September 2016 diketahui saksi Gus Joy mendeklarasikan dukungan kepada Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

 Saksi Gus Joy kemudian diketahui sebagai Koordinator Koalisi Advokat Rakyat yang mendukung pasangan tersebut.

 Selanjutnya diketahui bahwa Gus Joy melaporkan Ahok ke Bareskrim Polri atas kasus dugaan penistaan agama pada 7 Oktober 2016.

Atas dasar itu, tim kuasa hukum Ahok merasa pesimis Gus Joy bisa memberikan kesaksiannya secara objektif.

"(Saya) yakin masih bisa objektif dan sangat objektif karena ini menyangkut agama yang saya anut," ucap Gus Joy.    
    
Ada pun saksi yang hadir pada sidang hari ini antara lain Habib Novel Chaidir Hasan, Gus Joy Setiawan, Muchsin alias Habib Muchsin Alatas, dan Syamsu Hilal.

Sidang Ahok kembali digelar minggu depan (Selasa, 10/1) dengan agenda sama, yaitu pemeriksaan dua saksi pelapor tersisa dari Jaksa Penuntut Umum.

Editor: Triono Subagyo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0072 seconds memory usage: 0.46 MB