Warga Berharap Renovasi Bandara Radin Inten Segera Tuntas

id Pembangunan Bandara Radin Inten II, Bandara Radin Inten II Lampung, Bandara Radin Inten II Direnovasi

Warga Berharap Renovasi Bandara Radin Inten Segera Tuntas

Pembangunan dan renovasi Bandara Radin Inten II pada areal parkir dan terminal menjadi lebih luas dan representatif yang sedang dirampungkan hingg awal tahun 2017 ini, untuk perbaikan pelayanan penumpang.(FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Warga pengguna angkutan udara di Bandara Radin Inten II Branti, Lampung Selatan berharap pembenahan dan renovasi bandara utama di Provinsi Lampung ini segera rampung dan dituntaskan untuk memenuhi keinginan menjadi bandara internasional yang representatif di daerah ini.

Hingga Selasa, awal tahun 2017 ini, pembenahan dan revonasi masih terus dilakukan dan segera dituntaskan di Bandara Radin Inten II Lampung yang akan dicanangkan sebagai bandara embarkasi haji maupun bandara internasional dalam waktu dekat.

Pembenahan antara lain dilakukan pada area parkir dan pusat aktivitas keberangkatan maupun kedatangan penumpang di bandara itu.

Namun selama masa renovasi itu, untuk sementara parkir kendaraan pengantar dan penjemputan penumpang terpaksa dilakukan di luar area bandara, di samping area VIP bandara maupun di sepanjang pinggir jalan depan kawasan bandara ini.

Sejumlah petugas layanan di bandara itu membenarkan, renovasi berbagai fasilitas pendukung Bandara Radin Inten II terus dikebut penyelesaiannya, dan diharapkan pada awal tahun ini akan rampung dan bisa digunakan.

Ditargetkan pada Januari 2017 ini, areal parkir dan keluar masuk kendaraan di Bandara Radin Inten II yang telah diperluas dapat digunakan.

"Mudah-mudahan setelah rampung direnovasi kendaraan keluar masuk tidak susah dan tidak macet serta semrawut lagi," kata Rizki, warga Bandarlampung di Bandara Radin Inten II itu pula. Harapan serupa diungkapkan warga Lampung pengguna angkutan udara di bandara itu.

Setelah melihat kondisi Bandara Radin Inten yang sedang dituntaskan renovasinya hingga awal tahun ini, umumnya pengguna angkutan udara di bandara ini optimistis selanjutnya pelayanan menjadi lebih baik, nyaman, dan aman.

"Wah, lebih lebar dan bagus fasilitas baru di terminal dan area parkir bandaranya. Mudah-mudahan segera rampung," kata Rizki lagi.

Selama ini para pengguna kendaraan maupun penumpang di bandara itu mengeluhkan area parkir yang sempit dan kondisinya semrawut. Karena itu, mereka berharap setelah dibenahi dan dilengkapi fasilitas parkir yang diperlukan akan menjadi lebih nyaman dan aman bagi para pengguna dan penumpang di bandara itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Lampung Sumarju Saeni menyebutkan salah satu terobosan pembangunan dijalankan Pemprov Lampung yang didukung pemerintah pusat adalah di bidang perhubungan udara.

Sumarju menjelaskan, setelah Bandara Radin Inten II direnovasi total pada tahun 2016, sehingga tahun 2017 diharapkan dapat berfungsi sebagai bandara internasional, langkah selanjutnya pada tahun 2017 akan dibangun sky bridge yang terkoneksi dengan terminal bandara itu.

Sedangkan stasiun kereta api akan dibangun di kawasan bandara itu pada tahun 2018, katanya lagi.

Pembangunan dan renovasi Bandara Radin Inten II Lampung ditargetkan selesai akhir tahun 2016.

Pemprov Lampung menargetkan Bandara Radin Inten II ditargetkan segera menjadi embarkasi dan debarkasi haji pada tahun 2017.

Asisten Bidang Administrasi Umum Sekdaprov Lampung Hamartoni Ahadis mengungkapkan bahwa Pemprov Lampung terus berupaya melakukan perencanaan dan perbaikan dalam rangka pembangunan Bandara Radin Inten II menuju embarkasi dan debarkasi haji tahun 2017.

Adapun tahapan yang terus diperbaiki terkait pembangunan landasan dan penerangan serta lahan parkir maupun pembangunan di bidang infrastruktur lainnya di bandara itu, sehingga untuk pelaksanaannya dibutuhkan proses yang cukup panjang.

"Kami terus berupaya untuk menjadikan Bandara Radin Inten II menjadi bandara internasional dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga diperlukan perencanaan yang tepat dan matang agar tidak menimbulkan masalah-masalah baru ke depannya," ujarnya beberapat waktu lalu.

Menjelang akhir tahun lalu, Kepala Bandara Radin Inten II Satimin mengungkapkan bahwa proses pembangunan dan renovasi Bandara Radin Intan II telah dilakukan sejak awal 2016 tepatnya di bulan Februari dan ditargetkan selesai akhir tahun 2016, termasuk areal parkir dan terminal bandara.

PT Angkasa Pura (AP) II juga menyatakan akan mempercepat pembangunan Bandara Radin Inten II Lampung, terutama dari segi infrastruktur baik di sisi darat maupun di sisi udara.

Menurut Head of Corporate Communications and Legal AP II Agus Haryadi, diharapkan Bandara Radin Inten II nantinya akan mampu mendatangkan minimal tiga juta penumpang dalam satu tahun.

Saat ini, AP II tengah menyiapkan peta jalan pengembangan dan investasi Bandara Raden Inten II di Lampung, di antaranya pembangunan landasan pacu dan terminal.

Pembangunan terminal baru bandara tersebut diharapkan mampu menampung lebih banyak penumpang dibandingkan terminal lama yang hanya mampu menampung hingga 1,4 juta penumpang per tahun.

Nantinya, gedung terminal juga dilengkapi gedung parkir tiga lantai yang mampu menampung 700 kendaraan roda empat, dengan fasilitas sky bridge (jembatan penghubung) yang dapat menghubungkan gedung parkir dengan gedung terminal.

Dengan infrastruktur yang sudah siap, AP II juga akan lebih siap untuk membuka rute baru guna mendongkrak jumlah penumpang tersebut.

Saat ini, dengan kondisi landasan pacu yang ada di Bandara Radin Inten II, sebetulnya sudah bisa didarati oleh pesawat jet sekaliber Boeing 737. Nantinya bandara ini juga akan dikembangkan untuk bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas Boeing 777 untuk dijadikan bandara embarkasi haji sesuai dengan permintaan Pemprov Lampung.

Bandara Radin Inten II dikembangkan landasannya untuk diperpanjang hingga 3.000 meter, agar dapat didarati pesawat jenis Airbus 330. Bandara ini juga akan dijadikan sebagai bandara penyangga Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang sebagai antisipasi jika terjadi hal terburuk yang terjadi di bandara utama itu seperti terkena bencana alam dan sebagainya.

Saat ini, pembangunan dan perluasan Bandara Radin Inten II memasuki tahap akhir penyelesaian, menjelang rencana peresmiannya dijadwalkan akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2017 mendatang.

Fasilitas gedung kedatangan dan pemberangkatan penumpang telah selesai dibangun dan direnovasi menjadi lebih luas. Kawasan terminal dan areal parkir kendaraan bertingkat juga dipastikan sudah rampung pengerjaannya. Begitupula area depan untuk pintu gerbang kendaraan masuk dan keluar bandara maupun bagi penumpang pejalan kaki selesai dikerjakan.

Pembangunan dan renovasi serta perluasan Bandara Radin Inten II Lampung menghabiskan dana APBD Lampung 2016 sebesar Rp162 miliar.

Pembebasan lahan juga dilakukan untuk perpanjangan landasan pacu pesawat mencapai 3.000 meter menggunakan dana APBD Lampung 2016, sehingga setelah rampung diharapkan bandara ini dapat menampung tiga juta penumpang per tahun atau meningkatkan kapasitasnya menjadi tiga kali lipat dari kapasitas tampung penumpang bandara ini sebelumnya.