Pengunjung ke Way Kambas Melonjak

id Pengunjung ke Way Kambas Melonjak, Way Kambas Lampung, Way Kambas, TNWK Lampung

Antrean kendaraan pengunjung saat akan membeli tiket pada libur Tahun Baru 2017 di depan pintu masuk Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur, Lampung, Minggu (1/1). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Pengunjung ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur, Lampung melonjak pada liburan akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017 ini.

Balai TNWK di Lampung Timur mencatat sebanyak 9.764 pengunjung datang ke TNWK pada libur Tahun Baru 2017, Minggu (1/1).

Menurut Subakir, Kepala Balai TNWK, jumlah tiket pengunjung yang dikeluarkan pihaknya sebanyak 9.764 buah, dengan tarif Rp7.500 per orang, sesuai Peraturan Pemerintah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) Nomor 12 Tahun 2014.

Tiket/karcis masuk ke TNWK khususnya pada areal Pusat Konservasi Gajah (PKG) Way Kambas untuk kendaraan roda dua sebanyak 1.618 buah, dengan tarif Rp5.000/kendaraan, dan tiket masuk kendaraan roda empat sebanyak 1.023 buah, dengan tarif Rp10.000 per kendaraan, dan tiket masuk untuk kendaraan roda empat/bus sebanyak 49 buah, dengan tarif Rp50.000 per kendaraan.

"Lonjakan pengunjung cukup besar pada hari libur tahun baru ini, pengunjung harus antre membeli tiket di pintu masuk ke TNWK sejak pagi sekitar pukul sembilan," kata Subakir lagi.

Menurutnya, pada libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 ini, pihaknya tidak mempersiapkan paket hiburan khusus untuk pengunjung, tapi ribuan pengunjung tetap datang ke TNWK.

"Acara atau hiburan khusus tidak ada, tapi pengunjung tertarik datang ke Way Kambas untuk menyaksikan atraksi gajah dan menikmati pemandangan alamnya," ujarnya pula.

Dia mengatakan sensasi pengunjung menunggangi gajah jinak terdidik dan terlatih di TNWK paling banyak dipilih pengunjung saat berwisata di TNWK.

Selain itu, pada libur Natal tahun ini, Subakir menyebutkan TNWK juga ramai dikunjungi, tercatat sebanyak 2.039 pengunjung berlibur dan berwisata ke TNWK.

Way Kambas yang telah ditetapkan sebagai Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Parks) telah dicanangkan sebagai salah satu objek wisata unggulan di Provinsi Lampung.

Pemkab Lampung Timur bahkan menargetkan Way Kambas menjadi destinasi wisata dunia di daerah ini.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar