Kiper muda bawa Milan menangi piala super

id Kiper muda bawa Milan menangi piala super, gianluigi donnarumma

Kiper muda bawa Milan menangi piala super

Gianluigi Donnarumma (The National)

Doha,  (Antara/Reuters) - AC Milan mengangkat Piala Super Italia setelah kiper 17 tahunnya Gianluigi Donnaruma melakukan penyelamatan terhadap eksekusi Paulo Dybala, yang mengamankan kemenangan adu penalti 4-3 atas Juventus pada Jumat.    
   
Giorgio Chiellini membawa Juve memimpin dan Giacomo Bonaventura menyamakan kedudukan, keduanya terjadi pada babak pertama, ketika pertandingan yang berlangsung menarik ini berakhir imbang 1-1 setelah masa perpanjangan waktu.

Penalti pertama yang dilakukan Gianluca Lapadula untuk Milan dapat digagalkan oleh Gianluigi Buffon.

Mario Manduzkic kemudian menyepak bola yang membentur mistar gawang sebelum Donnarumma melakukan penyelamatan satu tangan untuk menggagalkan penalti kelima dari Dybala.

Hal itu membuat Mario Palasic dapat mengonversi gol penentu kemenangan dengan mudah.

Donnarumma, kiper inti Milan, mampu menahan gempuran Juve selama 120 menit sebelumnya, sedangkan Dybala semestinya dapat membuat timnya memenangi pertandingan pada akhir masa perpanjangan waktu namun sepakannya melambung di atas mistar gawang.

Kiper belia itu, yang pertama kali diberi kesempatan bermain sebagai pemain 16 tahun musim lalu di bawah asuhan Sinisa MIhajlovic dan kini telah menjadi pemain internasional Italia, tidak dapat berkata-kata.

"Saya tidak dapat menjelaskan apa yang saya rasakan dan saya bahkan tidak tahu apa yang terjadi di kepala saya," tuturnya kepada televisi Italia RAI.

Pertandingan ini secara tradisional mempertemuan juara Liga Italia dan juara Piala Italia.

Juve, juara liga untuk lima musim terakhir dan saat ini unggul empat angka di puncak klasemen, memenangi kedua gelar itu pada musim lalu maka Milan, yang memperlihatkan tanda-tanda perbaikan setelah tampil medioker pada sejumlah musim, lolos sebagai runner up Piala Italia.

Donnarumma sejak awal menjadi penyelamat timnya dari upaya Stefano Sturaro dan Mandzukic, sebelum Chiellini kemudian menyambar bola tendangan sudut untuk menjadi gol pada menit ke-18.

Milan, yang menang 1-0 atas Juve pada pertemuan terakhir mereka di Liga Italia dan saat ini menghuni peringkat kelima, menyamakan kedudukan ketika Bonaventura menyundul bola umpan silang dari Suso tujuh menit sebelum turun minum.

Donnarumma melakukan penyelamatan brilian lainnya pada babak kedua untuk membelokkan bola sepakan jarak jauh Sami Khedira ke atas mistar gawang.

Kiper tim lawan Buffon, yang sudah berkarir di sepak bola selama 21 tahun, juga tampil bagus dengan keberhasilannya menepis tandukan Carlos Bacca ke tiang gawang.

"Kami kalah pada adu penalti namun kamu hanya perlu lebih jjelas untuk dipahami untuk menang pada perpanjangan waktu," kata pelatih Juve Massimiliano Allegri.

"Kami melakukan semua yang kami mampu untuk mencegah adu penalti. Kami bermain sangat baik pada babak pertama, namun kemudian kami merosot terlalu banyak."
(H-RF)