Cabup: Gaji Guru Honorer Akan Disesuaikan UMK

id parosil dan sk guru honor, pilkada serentak 2017, cabub lambar

 Cabup: Gaji Guru Honorer Akan Disesuaikan UMK

Calon Bupati Lampung Barat nomor urut satu Parosil Mabsus saat blusukan mengunjungi warga Selasa (22/11) (FOTO: ANTARA Lampung/relawan parosil)

...Bidang pendidikan memang menjadi prioritas kita, salah satunya akan mengeluarkan surat keputusan suluruh honorer tenaga pendidikan menjadi honor daerah dan membayar gajinya sesuai UMK, kata Parosil...
Liwa, Lampung Barat  (ANTARA Lampung) - Pasangan Calon Bupati Lampung Barat, Provinsi Lampung, Parosil Mabsus-Mad Hasnurin (PM) memprogramkan untuk mengangkat guru honorer menjadi honor daerah dengan gaji sesuai upah minim kabupaten (UMK).

"Bidang pendidikan memang menjadi prioritas kita, salah satunya akan mengeluarkan surat keputusan suluruh honorer tenaga pendidikan menjadi honor daerah dan membayar gajinya sesuai UMK," kata Parosil Mabsus di Liwa, Lampung Barat, dalam rilisnya yang diterima, Selasa.

Menurut dia, pemberian SK kepada guru-guru honorer tersebut akan dilakukan dalam beberapa tahap dan disesuaikan dengan masa kerja guru-guru honorer yang ada.

Dengan pemberian SK dari pemerintah daerah dan pemberian gaji sesuai dengan UMK, ke depan diharapkan selain akan meningkatkan tarap hidup guru-guru honorer tersebut, juga bisa meningkatkan kinerja guru dan pendidikan di Lampung Barat.

Parosil yang didampingi calon wakilnya Mad Hasnurin, menjelaskan, dalam bidang pendidikan, bukan hanya terfokus pada peningkatan infrastruktur bidang pendidikan saja, tapi juga tenaga guru yang saat ini masih berstatus tenaga honorer akan menjadi prioritas, mulai dari status hingga pendapatan mereka.

Saat ini, hampir seluruh sekolah di Lampung Barat mulai dari jenjang TK sampai SMU sederajat terdapat tenaga guru honorer yang mengabdikan ilmunya untuk ikut mencerdaskan anak-anak didik di daerah ini. Status honorer mereka berbeda-beda mulai dari honor sekolah hingga honor dinas.

"Saya sangat paham dengan kondisi tenaga-tenaga honor itu, karena itu, jika saya dipercaya memimpin Lampung Barat, saya menginginkan perubahan terhadap guru honorer itu, termasuk perubahan pendapatan atau gaji," katanya.

Parosil menegaskan, program untuk memberikan SK honor daerah kepada seluruh guru honor yang ada, bukan janji yang hanya dilontarkan pada masa kampanye, tapi program tersebut pasti akan dilaksanakan dan direalisasikan secara bertahap.

"Program itu juga sudah melalui kajian dan analisa tim termasuk di dalamnya kajian pemberian gaji sesuai dengan UMK," katanya.