Wagub : Lampung Potensial Menjadi Lumbung Ternak

id wagub panen pedet, bachtiar basri, panen pedet

Wagub : Lampung Potensial Menjadi Lumbung Ternak

WAKIL Gubernur Bachtiar Basri saat menghadiri Panen Pedet Inseminasi Buatan di Wonodadi, Lampung Selatan, Selasa, (15/11). (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Lampung sangat tepat dijadikan wilayah sentra ternak, jelasnya...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menyampaikan bahwa Lampung sangat potensial untuk menjadi lumbung ternak mengingat daerah ini merupakan salah satu penyuplai terbesar daging di Tanah Air.

"Faktanya bahwa Provinsi Lampung saat ini merupakan penyumbang terbesar daging sapi terutama untuk daerah Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta, bahkan sampai Dumai Pekanbaru. Artinya Lampung strategis untuk dijadikan sentra ternak nasional," kata dia, pada produksi pedet (anak sapi) hasil inseminasi buatan, di Desa Wonodadi, Lampung Selatan, Selasa.

Ia menyebutkan, Lampung telah dibagi dalam daerah-daerah pengembangan antara lain Kabupaten Lampung Selatan sebagai wilayah sumber bibit sapi peranakan Ongole (PO).

Kemudian di Tanggamus sebagai daerah rumpun kambing Saburai sebagai sumber daya genetik ternak Indonesia. Kabupaten Tulang Bawang sebagai wilayah kawasan ternak kerbau, Kabupaten Tulangbawang dan Tulangbawang Barat sebagai wilayah sumber bibit sapi bali dan sapi PO.

"Lampung sangat tepat dijadikan wilayah sentra ternak," jelasnya.

Selain itu Bachtiar berharap kepada pihak perbankan agar memberikan kredit lunak agar para peternak dapat lebih terbantu.

Wagub juga menekankan bantuan terhadap indukan masih sangat diperlukan mengingat daerah itu memiliki potensi pengembangbiakan sapi maupun kambing.

Pada acara yang dihadiri Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian itu juga diserahkan bantuan sapi dari Gubernur Lampung kepada kelompok budi daya sapi PO, N2 cair, dan bantuan bagi kelompok pengolah pangan yang tersebar di seluruh wilayah Lampung. (Ant)
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2022