Marinir Prioritaskan Remajakan Alutsista

id HUT Marinir di Lampung, Marinir Lampung, Alutsista Marinir

Marinir Prioritaskan Remajakan Alutsista

Upacara HUT Korps Marinir ke-71 di Pantai Marine Eco Park (MEP) Piabung, Padangcermin, Pesawaran, Lampung, Selasa (15/11). Regu Pandu Tempur berenang diiringi ledakan dan pergerakan Tank Amfibi Marinir yang menurunkan pasukan upacara. (FOTO: ANTARA L

Pesawaran, Lampung (ANTARA Lampung) - Kors Marinir TNI AL memprioritaskan penambahan dan peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam anggaran 2016.

Komandan Korps Marinir TNI Mayjen (Mar) RM Trusono, dalam peringatan ulang tahun Korps Marinir ke-71 yang dilaksanakan di Monumen Bumi Marinir di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Selasa, menegaskan penambahan tersebut meliputi pemenuhan kebutuhan artileri dan kavaleri.

Pemenuhan kebutuhan itu, kata Trusono, termasuk senjata bagi infanteri, penguatan persenjataan, dan pasukan Korps Marinir mutlak diperlukan untuk menjaga kedaulatan teritorial laut Republik Indonesia.

Korps Marinir dipastikan akan kembali mendapat tambahan anggaran untuk alokasi pengadaan dan peremajaan alutsista pada 2017 mendatang.

Penambahan dan pembaharuan alutsista tersebut dilakukan agar korps ini dapat menjalankan fungsi strategisnya menjaga kedaulatan batas terluar indonesia.

Menurutnya, penambahan meliputi artileri dan kavaleri termasuk senjata bagi infanteri.

"Akan diperbaharui dan ditambah termasuk senjata-senjata infanteri, semuanya akan diperbaharui," katanya lagi.

Artileri Korps Marinir telah memiliki senjata pemusnah roket 40 laras vampir, dengan kemampuan jarak tembak mencapai 40 kilometer dan daya hancur 10 hektare.

Terkait peremajaan senjata, prajurit Korps Marinir itu sudah menjalin kerja sama dengan Pindad untuk urusan pengadaan.

Peremajaan dan persenjataan bagi para prajurit akan mulai dianggarkan pada tahun 2017.

Peringatan ulang tahun Korps Marinir ke-71 dilaksanakan di Monumen Bumi Marinir di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Peringatan itu dilakukan pada 15 November 2016.

Lampung menjadi satu dari 3 titik pelaksanaan ulang tahun Korps Marinir di Indonesia.

Dalam peringatan HUT Marinir di Provinsi Lampung yang dihadiri oleh komandan korps marinir tersebut, dilaksanakan berbagai kegiatan.

Selain upacara di pinggir laut dipimpin komandan Korps Marinir, dilakukan pula berbagai atraksi dan unjuk persenjataan maupun alutsista terbaru.

Dalam peringatan ulang tahun tersebut terungkap bahwa penguatan persenjataan dan pasukan bagi Korps Marinir mutlak diperlukan untuk menjaga kedaulatan teritorial laut Republik Indonesia.