Gubernur Lampung Minta Netralitas ASN Terjaga

id gubernur riho lantik adeham, m. ridho ficardo

Gubernur Lampung Minta Netralitas ASN Terjaga

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo atas nama Presiden RI melatik Adeham sebagai Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat di Gedung Balai Keratun, Komplek Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (14/11) (FOTO: ANTARA Lampung/Kominfo Provinsi Lampung)

...Netralitas birokrasi harus tetap terjaga, meskipun di Tubabar hanya ada satu pasangan calon, demokrasi harus tetap berjalan, kata Ridho...
Bandarlampung, 14/11 (Antara) - Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menekankan netralitas aparatur sipil negara tetap terjaga pada pemilihan kepala daerah serentak di Provinsi Lampung.

"Saya tetap menekankan netralitas birokrasi di daerah yang melaksanakan pilkada serentak termasuk di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubabar) dijaga dengan baik, walaupun pilkada serentak di daerah tersebut hanya ada satu pasangan calon, yakni petahana Umar Ahmad dan Fauzi," kata dia, pada pelantikan Pelaksana Tugas Bupati Tulangbawang Barat, Adeham di Gedung Balai Keratun, Komplek Pemerintah Provinsi Lampung, Bandarlampung, Senin.

Ia menekankan, netralitas birokrasi harus tetap terjaga, meskipun di Tubabar hanya ada satu pasangan calon, demokrasi harus tetap berjalan.

"Yang akan dilihat nanti adalah partisipasi masyarakat untuk memberikan hak suaranya meskipun hanya calon tunggal," ujarnya.

Menurut dia, dalam meningkatkan partisipasi publik tersebut netralitas birokrasi harus tetap terjaga, sehingga diharapkan pilkada dapat berjalan baik.

Di sisi lain, Ridho mengapresiasi kabupaten tersebut yang dinilai pemerintah pusat sangat berhasil.

"Tulangbawang Barat bukan penghasil tambang, bukan daerah pariwisata, dan bukan daerah perlintasan, sehingga Tubabar memiliki tantangan, untuk melakukan berbagai terobosan dan inovasi," jelasnya.

Ridho mengatakan kesuksesan daerah tersebut menjadi salah satu kabupaten baru yang dianggap pemerintah pusat sukses, salah satunya berhasil menjadi rintisan lumbung ternak.

Pelaksana tugas Bupati Tubabar Adeham menggantikan Umar Ahmad dan Fauzi yang cuti jabatan untuk mengikuti kampanye Pilkada serentak.

Sebelumnya, Umar Ahmad merupakan Wakil Bupati Tubabar kemudian naik menjadi Bupati Tubabar menggantikan Bakhtiar Basri yang menjadi Wakil Gubernur Lampung. Sementara Adeham sebelumnya menjabat Asisten II Bidang Ekbang Setprov Lampung. (Ant)
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2022