Puluhan Ribu Pengunjung Padati Festival Way Kambas

id Kepadatan Pengunjung Festival Way Kambas, Festival Way Kambas 2016, Festival Way Kambas, Kemacetan Festival Way Kambas

Puluhan Ribu Pengunjung Padati Festival Way Kambas

Kepadatan pengunjung Festival Way Kambas 2016 di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Minggu (13/11). (FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Puluhan ribu pengunjung memadati pelaksanaan Festival Way Kambas (FWK) yang berlangsung di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Taman Nasional Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur, Minggu (13/11).

"Kami perkirakan kunjungan hari ini sekitar 30 ribuan orang," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lampung Timur Mansursyah.

Menurut dia, perkiraan jumlah pengunjung tersebut dihitung dari jumlah kendaraan roda dua yang umumnya berboncengan, serta kendaraan roda empat yang membawa serta keluarga dan kerabat yang terparkir di lokasi festival.

Ia memperkirakan total kunjungan ke TNWK dalam rangkaian acara FWK yang digelar selama tiga hari, mulai dari 11-13 November 2016 adalah 50 ribu pengunjung.

"Perkiraan selama tiga hari ini lebih dari 50 ribu pengunjung datang ke Festival Way Kambas," ujarnya.

Kepadatan pengunjung itu, terutama pada Minggu, mengakibatkan terjadi kemacetan arus lalu lintas kendaraan keluar masuk area PKG Way Kambas, sehingga dikeluhkan pengunjung. Sejumlah pengunjung yang terjebak masuk akhirnya memutuskan tak jadi menyaksikan FWK itu, dan terpaksa balik badan kembali.

Kepala Balai TNWK Subakir saat dihubungi sekitar pukul 16.00 WIB mengaku ikut terjebak kemacetan dan harus mengantre untuk bisa keluar dari PKG TNWK.

"Saya masih antre mas, tidak bisa keluar ini, sudah lima jam," kata Subakir.

Menurut dia, kunjungan warga ke TNWK kali ini di luar dugaan. "Ini di luar dugaan, membludak pengunjungnya sampai seperti ini".

Pengunjung sudah ramai mendatangi Pusat Konservasi Gajah TNWK sejak pukul 09.00 WIB, pada hari ketiga pelaksanaan Festival Way Kambas ini. Pengunjung umumnya adalah warga di Kabupaten Lampung Timur yang datang secara berombongan baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Semakin siang kepadatan pengunjung makin memuncak. Pengunjung pengguna sepeda motor dan mobil tampak terus berdatangan hingga menimbulkan kemacetan total pada akses jalan masuk ke PKG, lokasi utama FWK ke-16 ini digelar.

Kemacetan terjadi hingga belasan kilometer sejak dari PKG TNWK hingga pintu masuk di Plang Ijo. Kemacetan terjadi akibat pengunjung yang hendak masuk bertemu dengan pengunjung yang akan keluar dari lokasi PKG.

Para pengunjung dari kedua arah itu terpaksa mengendarai kendaraan dengan merayap dan berhenti beberapa lama untuk bisa masuk dan keluar PKG TNWK.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi telah membuka Festival Way Kambas Lampung Timur Pesona Indonesia 2016 yang digelar Pemkab Lampung Timur, Jumat (11/11).

FWK ke-16 itu berlangsung tiga hari hingga Minggu (13/11), dimeriahkan sejumlah kegiatan sebagai daya tarik berupa keunikan budaya dan keindahan alam yang dikemas secara menarik, yaitu Way Kambas Adventure Trail, Fun and Run Way Kambas 10K, Gowes to Way Kambas (Jelajah Way Kambas), Fox Hunting Signal Way Kambas, Jeprat Jepret Pesona Way Kambas, Sketsa Pesona Way Kambas, Pesta Buah, Festival Kuliner, Festival Suvenir, dan seminar nasional.