Damri Bantu 100 Kwh Untuk Kabupaten Waykanan

id damri bantu kwh, hendri syahri, kepala dinas pertambangan dan energi waykanan, waykanan terang benderang

Damri Bantu 100 Kwh Untuk Kabupaten Waykanan

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Waykanan Hendri Syahri (FOTO: Antaralampung.com/Emir Fajar Saputra)

"Tidak apa-apa, saat ini baru bisa dibantu 100 unit, ke depan diharapkan jumlahnya bisa lebih banyak lagi," kata Hendri...
Waykanan, Lampung, 18/10 (Antara) - Perusahaan Umum Damri memberikan bantuan 100 unit Kwh (meteran) listrik yang akan dipasang di rumah-rumah warga di Kecamatan Banjit dan Kecamatan Gunung Labuhan, Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung.

Kwh listrik itu nantinya akan dipasang untuk warga di dusun-dusun di dua kecamatan tersebut yang selama ini belum mendapat aliran listrik, kata Kepala DInas Pertambangan dan Energi Kabupaten Waykanan, Hendri Syahri di Blambanganumpu, ibu kota Waykanan, Selasa.

"Kami mendapatkan bantuan 100 meteran listrik dari Perum Damri, sebanyak 43 unit untuk Kecamatan Banjit 43 unit dan 57 unit untuk Kecamatan Gunung Labuhan," katanya.

Menurut dia, bantuan ini diperoleh berkat jerih payah jajaran Dinas Pertambangan dan Energy Waykanan yang melakukan jemput bola ke salah satu BUMN bidang transportasi tersebut.

Partisipasi Perum Damri menyusul PT PSMI, sebuah perusahaan swasta atau pabrik gula yang juga memberikan pemasangan instalasi listrik dan jaringan listrik bagi keluarga kurang mampu untuk warga di dusun dan pedalaman.

"Tidak apa-apa, saat ini baru bisa dibantu 100 unit, ke depan diharapkan jumlahnya bisa lebih banyak lagi," kata Hendri.

Pemasangan 100 unit kwh ini akan dilakukan pada pekan depan berbarengan dengan pemasangan jaringan listrik di dua kecamatan tersebut.

Semula di Kecamatan Gunung Labuhan terdata ada 131 rumah tangga miskin, namun setelah dilakukan verifikasi terdapat 57 rumah tangga miskin yang belum berlistrik, sementara di Kecamatan Banjit dari 111 rumah tangga miskin hanya 43 rumah tangga yang belum berlistrik.

Sementara itu, Kepala Perum Damri Lampung, Yulianto membenarkan adanya bantuan meteran listrik untuk keluarga kurang mampu di Waykanan.

"Yang penting kita bisa berbagi dengan masyarakat kurang mampu, karena ini sudah bagian dari kewajiban perusahaan kami," ujarnya.

Bantuan ini, kata dia, merupakan respon dari pimpinan Perum Damri di pusat karena ini satu-satunya daerah di Provinsi Lampung yang menerapkan pemasangan instalasi listrik dan jaringan listrik bagi masyrakat yang kurang mampu.

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya menyambut baik bantuan yang diberikan Perum Damri, karena sangat membantu program kesejahteraan dan dapat mengurangi angka kemiskinan di daerahnya.

"Dengan adanya bantuan dari dua perusahaan itu, sangat membantu program Pemkab Waykanan untuk mewujudkan 'Waykanan Terang Benderang'," kata Bupati.  

Mantan Ketua DPRD Waykanan ini menegaskan, pemberian bantuan tersebut tidak sembarangan atau main kasih saja, tapi harus melalui pendataan yang akurat agar pemberian bantuan CSR ini tidak salah sasaran. (Ant)