Teknokra Unila Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Nasional

id Teknokra Gelar Pelatihan Jurnalistik Nasional, Teknokra Unila, Pelatihan Jurnalistik Nasional Teknokra Unila

Teknokra Unila Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Nasional

Rektor Unila, Karo Humas Pemprov Lampung dan Pejabat Kemenristek Dikti bersama Pengurus Teknokra Unila saat pembukaan PJTN 2016, di Bandarlampung, Sabtu (15/10). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Nasional (PJTN) 2016 yang diikuti pengelola pers mahasiswa dari berbagai daerah.

Ketua Pelaksana PJTN itu, Fajar Nurrohmah, di Bandarlampung, Minggu, menjelaskan pelatihan itu dimulai pada Sabtu (15/10) dan berlangsung hingga Kamis (20/10).

Pelatihan yang diadakan di Edotel Kridawisata Bandarlmpung itu, mengusung tema "Teknokra Jejama (Jendela Jurnalistik Mahasiswa) 2016", dengan diikuti oleh 29 peserta dari berbagai lembaga pers mahasiswa di Indonesia.

Nantinya peserta pelatihan akan menerima tiga materi pelatihan tentang jurnalisme data dan jurnalisme investigasi, kepenulisan travel jurnalisme, dan Video Travel Journalism, kata Fajar lagi.

Kegiatan berlevel nasional tersebut dibuka dengan workshop writerpreneur menghadirkan Kang Arul (Bloger) dan Imam Aulia (Pemimpin Redaksi) Arenalte.com untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam menghasilkan tulisan yang dapat memperoleh penghasilan.

Pemimpin Umum UKPM Teknokra Unila Kurnia Mahardika berharap kegiatan yang sudah menjadi program kerja setiap tahun itu dapat berjalan sesuai waktu yang telah diagendakan.

"Kegiatan ini sebagai ajang silahturahmi sekaligus memberikan pelatihan dan pengalaman kepada kru Teknokra," katanya pula.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Lampung Bayana mewakili Gubernur Lampung saat membuka pelatihan itu, menyambut baik dilaksanakan pelatihan jurnalistik tingkat nasional tersebut.

"Saya berharap dengan kegiatan ini peserta dapat memiliki kompetensi sebagai jurnalis mahasiswa, sehingga ke depan dapat menerbitkan tulisan yang memenuhi kaidah jurnalistik dan menarik," ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini dengan perkembangan media sosial dan media online, maka peluang untuk menjadi jurnalis semakin terbuka. Karena itu, para jurnalis mahasiswa ini harus dibekali materi yang tepat, sehingga tulisannya menarik, bernilai berita dan berimbang.

Pelatihan jurnalistik itu digelar oleh UKPM Teknokra Unila bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI diikuti oleh peserta dari unsur mahasiswa Unila dan umum, termasuk perwakilan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Rektor Universitas Lampung Prof Hasriadi Mat Akin mengharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik.

"Apalagi peserta yang hadir juga dari luar Lampung, seperti Makassar dan Sumatera Utara, sehingga peserta pelatihan dapat menulis dengan baik karena pers memiliki peran yang strategis dalam pembangunan," katanya pula.

Rektor Unila berharap, selain memberikan informasi, pers mahasiswa juga berfungsi sebagai alat kontrol, edukasi dan lainnya, sehingga harus dibekali kompetensi jurnalistik yang memadai.