Presiden akan buka Games di Ancol

id menpora tafisa 2016, presiden bbuka tafisa

Presiden akan buka Games di Ancol

Menpora Imam Nahrawi ( ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

...Kami ingin mendorong kebhinnekaan itu bukan hanya punya Indonesia melainkan juga milik dunia karena kita bersatu dalam perbedaan, ujar Menpora...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka penyelenggaraan Pesta Olahraga Rekreasi Dunia (TAFISA Games) 2016 di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu malam.

"Tadi siang, saya mendapatkan informasi Presiden akan hadir dan membuka TAFISA di sini besok malam," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di sela-sela kunjungan persiapan pembukaan TAFISA Games ke-6 di Pantai Karnaval Ancol, Jumat.

Menpora mengatakan perhelatan internasional yang mempertandingkan 31 cabang olahraga tradisional dunia itu mengangkat tema "Unity in Diversity" sebagaimana semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dimiliki Indonesia.

"Kami ingin mendorong kebhinnekaan itu bukan hanya punya Indonesia melainkan juga milik dunia karena kita bersatu dalam perbedaan," ujar Menpora.

Olahraga, lanjut Menpora, juga mampu menjadi sarana untuk melihat kekayaan budaya bangsa lain selain tetap mengunggulkan kebudayaan dan olahraga tradisional bangsa sendiri.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana TAFISA Games 2016 Hayono Isman mengatakan tujuan kegiatan olahraga tradisional dunia itu adalah kebersamaan sehingga kompetisi tidak menjadi sasaran utama.

"Pengukuhan sebagai tuan rumah merupakan penghormatan dunia kepada Indonesia. Di balik kehormatan itu, ada rasa persahabatan, perdamaian dan pengikisan atas kekerasan di mana pun kita berada," tutur Hayono.

Selain olahraga tradisional, TAFISA juga menjadi ajang pameran busana olahraga "Indonesia Sport Fashion Week".

"Pagelaran busana olahraga memang pertama kali di Indonesia, dan pelaksanaannya berbarengan dengan TAFISA," kata Koordinator Indonesia Sport Fashion Week 2016 Corrie Kastubi.

Sejumlah perancang Indonesia yang telah dikenal di dunia internasional akan mengikuti pameran busana olahraga itu. Mereka antara lain Barli Asmara, Poppy Dharsono, Ivan Gunawan, Itang Yunasz, Rudi Chandra, Merdy Sihombing, Yuan, Sonny Muchlison, dan Nina Azura.