Ekspor kopi instan Lampung naik

id ekspor, kopi Lampung

Ekspor kopi instan Lampung naik

Buah kopi, salah satu komoditas ekspor andalan Provinsi Lampung. (Dokumentasi.)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Realisasi ekspor produk industri kopi instan asal Provinsi Lampung, selama Agustus 2016 mencapai 76,41 ton senilai 691.690 dolar Amerika Serikat atau naik bila dibandingkan bulan sebelumnya.
        
"Jumlah itu naik cukup signifikan dibandingkan eskpor Juli yang hanya mencapai nilai 68.541 dolar Amerika Serikat, dengan volume 7,44 ton," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ferynia di Bandarlampung, Kamis.
        
Ia menyebutkan, ekspor kopi instan itu meningkat cukup tinggi mengingat berdasarkan data ekspor menunjukkan kontrak perjanjian antara pengekspor ke pembeli di luar negeri sebesar itu pada periode tersebut cukup besar.
        
Ekspor kopi instan asal Lampung itu, lanjutnya, masih terus berlangung mengingat daerah ini sebagai penghasil kopi robusta, dan juga produsen untuk kopi kemasan.
        
Ia menyebutkan, kendati tidak sebanyak ekspor biji kopi, namun beberapa negara merupakan negara tujuan, seperti Vietnam dan Singapura.
        
Menurut dia, beberapa negara lain seperti di Timur Tengah maupun Uni Eropa juga menjadi tujuan ekspor kopi instan asal Lampung.
        
Prospek ekspor kopi instan Lampung, menurut Ferynia, masih tetap cerah mengingat realisasi ekspor setiap bulan cukup baik. Selain itu, pihaknya juga terus mempromosi ke beberapa negara baik menggelar berbagai ajang pameran maupun melalui pamplet atau website.