Jerman taklukkan Norwegia 3-0

id thomas mueller, lewandowski, pep guardiola, robben, muller jerman

Jerman taklukkan Norwegia 3-0

Thomas Mueller. (sorotbola.com)


Oslo, (Antara/Reuters) - Thomas Mueller telah melupakan masa puasa golnya di Piala Eropa 2016, mencetak dua gol untuk membawa Jerman menang 3-0 di markas Norwegia, pada pertandingan pembukaan mereka di kualifikasi Piala Dunia pada Minggu.

Mueller mengambil keuntungan dari rapuhnya pertahanan Norwegia untuk membawa sang juara bertahan unggul sejak awal, dan menanduk bola untuk menjadi gol ketiga dalam rentang waktu satu jam pada pertandingan Grup C zona Eropa tersebut.

Di antaranya, ia memberikan umpan bagus untuk dikonversi Joshua Kimmich menjadi gol internasional pertamanya.

Jerman tidak disulitkan dengan absennya Jerome Boateng, Mario Gomez, dan Andre Schuerrle, ditambah Lukas Podoslki dan Bastian Schweinsteiger yang telah pensiun dari timnas.

Mereka menikmati 68 persen penguasaan bola, menghabiskan nyaris seluruh pertandingan di area pertahanan Norwegia dan kiper Manuel Neuer, yang menjabat sebagai kapten, tidak perlu menggagalkan satu tembakan pun.
Norwegia, yang menang 1-0 atas Jerman pada pertandingan persahabatan yang dimainkan pada 2009 saat terakhir kali kedua tim bertemu, kurang berambisi dan rencana apapun yang mungkin mereka miliki untuk merepotkan tamunya dengan cepat hancur berantakan.

Pertahanan tuan rumah dua kali gagal menyapu bola dan Mueller, yang gagal mencetak gol pada Piala Eropa 2016, mengemas gol dengan tembakan yang terdefleksi meski melakukannya dalam posisi tidak seimbang pada menit ke-15.

Bola pantul membuat Norwegia memiliki peluang langka untuk mengemas gol, namun Joshua King, yang berdiri bebas di depan gawang, melepaskan tembakan yang terlalu tinggi dan melebar.

Jerman kembali mencetak gol menjelang turun minum, ketika Mueller menyodorkan bola kepada Kimmich yang meneruskannya dengan sepakan ke sudut jauh, membuat dua pemain bertahan Norwegia tersungkur.

Babak kedua dilanjutkan dengan pola serupa, dan bukan kejutan ketika Mueller menambahi gol ketiga, menanduk umpan silang Sami Khedira untuk menjadi gol internasionalnya yang ke-34.

(H-RF)